Bagaimana Cara Berjualan di Facebook

Saat ini Facebook menjadi salah satu social media yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Menurut data dari Internetworldstats.com tertanggal 31 Desember 2012, jumlah pengguna Facebook di Indonesia adalah 51 juta user, sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 55 juta user. Ini artinya hampir semua pengguna Internet di Indonesia menggunakan Facebook. Tentu saja ini adalah angka yang fantastis sebagai potensi pasar nasional yang harus dimanfaatkan untuk jualan apa saja, yang penting halal.

Data pengguna Facebook di Indonesia

Ada beberapa cara berjualan di Facebook yang mudah dilakukan oleh pemula sekalipun. Beberapa caranya adalah :

1. Berjualan Menggunakan Facebook Profile (Gratis)

Saat pertama kali user mendaftar di Facebook, maka user akan mendapatkan Facebook Profile. Cirinya adalah adanya tombol Add Friend.

Facebook Profile ini bisa untuk digunakan untuk berjualan karena setiap Friends kita akan melihat setiap Update yang kita buat di Wall. Agar mudah dikenal, pada nama User gunakan keyword jualan, tapi tetap ada nama asli kita. Ini untuk mencegah Friend tidak menerima permintaan (request) pertemanan, teman yang sudah kita kenal di dunia nyata juga tidak mengenali kita. Saat melakukan update, hindari melakukan promo terlelu sering dan berupa promo hard selling (isinya hanya berupa promo jualan saja), tapi gunakanlah strategi promo soft selling (update berupa status yang bermanfaat, baru kemudian di bagian bawah berupa iklan jualan). Hal ini untuk menghindari terjadinya Block atau UnFriend.

BACA JUGA :  Panduan Membuat Toko Online Gratisan (lite)

Kelemahan jualan menggunakan Facebook Profile adalah : bagi konsumen yang tidak memiliki akun Facebook, maka tidak bisa melihat isi dari Facebook Profile kita. Yang nampak hanyalah header atau tampilan judul saja. Cara mengatasi kelemahan ini, gunakan foto profile yang ada keterangan/informasi produk dan kontak, minimal no telp / hp. Kelemahana yang lain adalah, jika di search di Google, hasil pencariannnya tidak ada keterangan yang informatif, berupa deskripsi atau informasi kontak.

jual geotextile facebook di Google serp

Jual Geotextile Facebook Profile

2. Berjualan Menggunakan Fan Page Facebook (Gratis)

Strategi inilah yang lebih tepat untuk berjualan jika dibandingkan menggunakan Facebook Profile, sebab dengan menggunakan Fanpage Facebook ini, kita seperti menggunakan sebuah Website. Ciri dari Fanpage adalah adanya tombol LIKE / SUKA. Perhatikan screen shot berikut :

jual geotextile fanpage Facebook di Google serp jual geotextile fanpage Facebook

Screenshot bagian atas adalah hasil SERP (halaman hasil pencarian) Google. Terlihat jelas bahwa, hasil pencarian yang menampilkan Fanpage Facebook mengandung informasi yang cukup deskriptif, seperti METATAG atau Description pada Website. Sedangkan Fanpage nya sendiri jika dikunjungi oleh orang yang tidak memiliki akun maka akan menampilkan informasi di header dan semua informasi (update) di wall. Sehingga seperti melihat  atau mengunjungi sebuah website.

BACA JUGA :  Pelatihan Optimasi Website (SEO) Purwokerto

3. Berjualan Menggunakan Iklan Facebook (Facebook Ads berbayar)

Hal ini akan dibahas pada lain posting atau artikel. So, tetap pantau blog ini.

Semoga bermanfaat

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: February 4, 2014 — 12:36 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: