Definisi Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing ?

Pelatihan Training Digital Marketing dan Optimasi Website bersama Isparmo - 0812 108 3060

Digital Marketing atau Pemasaran berbasis digital internet mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web mereka untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Untuk permintaan Pelatihan, Private, Inhouse Training Digital Marketing dan Optimasi Website, silahkan kontak ke Hp/Wa 0812 108 3060

Icon WA transparan background png

Dengan seberapa akses internet saat ini, apakah Anda percaya kepada saya jika saya memberi tahu Anda bahwa jumlah orang yang online setiap hari masih meningkat?

Ini. Bahkan, penggunaan internet “konstan” di kalangan orang dewasa meningkat sebesar 5% hanya dalam tiga tahun terakhir, menurut Pew Research. Dan meskipun kami sering mengatakannya, cara orang berbelanja dan membeli benar-benar telah berubah seiring dengannya – artinya pemasaran offline tidak seefektif dulu.

Pemasaran selalu tentang menghubungkan dengan audiens Anda di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Hari ini, itu berarti Anda harus bertemu dengan mereka di mana mereka sudah menghabiskan waktu: di internet.

Masukkan pemasaran digital – dengan kata lain, segala bentuk pemasaran yang ada online.
Klik di sini untuk mengunduh panduan gratis kami untuk dasar-dasar pemasaran digital.

Kami banyak berbicara tentang pemasaran masuk sebagai cara yang sangat efektif untuk menarik, melibatkan, dan menyenangkan pelanggan online. Tetapi kami masih mendapatkan banyak pertanyaan dari orang-orang di seluruh dunia tentang pemasaran digital.

Seorang pemasar masuk berpengalaman mungkin mengatakan pemasaran masuk dan pemasaran digital adalah hal yang hampir sama, tetapi ada beberapa perbedaan kecil. Dan percakapan dengan pemasar dan pemilik bisnis di AS, AS, Asia, Australia, dan Selandia Baru, saya telah belajar banyak tentang bagaimana perbedaan-perbedaan kecil itu diamati di seluruh dunia.

Bagaimana Anda Mendefinisikan Pemasaran Digital?

Pemasaran digital didefinisikan dengan menggunakan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan tempat mereka menghabiskan banyak waktu mereka: online. Dari situs web itu sendiri hingga aset branding bisnis online – iklan digital, pemasaran email, brosur online, dan lainnya – ada spektrum taktik yang berada di bawah payung “pemasaran digital.”

Taktik dan Contoh Pemasaran Digital

Pemasar digital terbaik memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana setiap kampanye pemasaran digital mendukung tujuan menyeluruh mereka. Dan tergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, pemasar dapat mendukung kampanye yang lebih besar melalui saluran gratis dan berbayar yang mereka miliki.

Pemasar konten, misalnya, dapat membuat serangkaian posting blog yang berfungsi untuk menghasilkan arahan dari ebook baru bisnis yang baru saja dibuat. Pemasar media sosial perusahaan kemudian dapat membantu mempromosikan posting blog ini melalui posting berbayar dan organik di akun media sosial bisnis. Mungkin pemasar email membuat kampanye email untuk mengirim mereka yang mengunduh ebook informasi lebih lanjut tentang perusahaan. Kami akan berbicara lebih banyak tentang pemasar digital spesifik ini sebentar lagi.

Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa taktik pemasaran digital yang paling umum dan saluran yang terlibat di dalamnya.

Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah lalu lintas organik (atau gratis) yang diterima situs web Anda. Saluran yang mendapat manfaat dari SEO meliputi: Website atau Blog.

Pemasaran Konten

Istilah ini menunjukkan penciptaan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan kesadaran merek, pertumbuhan lalu lintas, generasi pemimpin, dan pelanggan. Saluran yang dapat berperan dalam strategi pemasaran konten Anda meliputi: Posting Blog, Ebook, Infografis dan Brosur Online

Pemasaran media sosial

Praktik ini mempromosikan merek Anda dan konten Anda di saluran media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas, dan menghasilkan arahan untuk bisnis Anda. Saluran yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi: Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn dll

Bayar-Per-Klik (PPC)

PPC adalah metode mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan membayar penerbit setiap kali iklan Anda diklik. Salah satu jenis PPC yang paling umum adalah Google AdWords, yang memungkinkan Anda membayar slot atas pada halaman hasil mesin pencari Google dengan harga “per klik” dari tautan yang Anda tempatkan. Saluran lain di mana Anda dapat menggunakan PPC meliputi: Google Ads, FB Ads (termasuk Instagram Ads), Twitter Ads, LinkedIn Ads.

Pemasaran Afiliasi

Ini adalah jenis iklan berbasis kinerja di mana Anda menerima komisi untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain di situs web Anda. Saluran pemasaran afiliasi meliputi: Hosting iklan video melalui Program Mitra YouTube.Posting tautan afiliasi dari akun media sosial Anda.

Iklan Asli

Iklan asli mengacu pada iklan yang terutama dipimpin oleh konten dan ditampilkan pada platform di samping konten lain yang tidak berbayar.

Apa Jenis Konten Digital yang Harus Saya Buat?

Jenis konten yang Anda buat tergantung pada kebutuhan audiens Anda pada tahap yang berbeda dalam perjalanan pembeli. Anda harus mulai dengan membuat persona pembeli (gunakan templat gratis ini, atau coba makemypersona.com) untuk mengidentifikasi apa tujuan dan tantangan audiens Anda terkait dengan bisnis Anda. Pada tingkat dasar, konten online Anda harus bertujuan untuk membantu mereka memenuhi tujuan ini, dan mengatasi tantangan mereka.

Kemudian, Anda harus memikirkan kapan mereka kemungkinan besar akan siap untuk mengkonsumsi konten ini sehubungan dengan tahap apa mereka dalam perjalanan pembeli mereka. Kami menyebutnya pemetaan konten ini.

Dengan pemetaan konten, tujuannya adalah untuk menargetkan konten sesuai dengan:

Karakteristik orang yang akan mengkonsumsinya (di situlah persona pembeli datang). Seberapa dekat orang tersebut dengan melakukan pembelian (yaitu, siklus hidup mereka).

Dalam hal format konten Anda, ada banyak hal yang berbeda untuk dicoba. Berikut adalah beberapa opsi yang kami sarankan untuk digunakan pada setiap tahap perjalanan pembeli:

Tahap Kesadaran

Posting blog. Sangat bagus untuk meningkatkan lalu lintas organik Anda ketika dipasangkan dengan strategi SEO dan kata kunci yang kuat.
Infografis. Sangat dapat dibagikan, artinya mereka meningkatkan peluang Anda ditemukan melalui media sosial ketika orang lain membagikan konten Anda. (Lihat templat infografis gratis ini untuk membantu Anda memulai.)
Video pendek. Sekali lagi, ini sangat dapat dibagikan dan dapat membantu merek Anda ditemukan oleh pemirsa baru dengan hosting mereka di platform seperti YouTube.

Tahap Pertimbangan

Ebooks. Sangat bagus untuk generasi pemimpin karena mereka umumnya lebih komprehensif daripada posting blog atau infografis, yang berarti seseorang lebih mungkin untuk bertukar informasi kontak mereka untuk menerimanya.
Laporan penelitian. Sekali lagi, ini adalah konten konten bernilai tinggi yang sangat bagus untuk pembuatan prospek. Laporan penelitian dan data baru untuk industri Anda juga dapat bekerja untuk tahap kesadaran, karena sering diambil oleh media atau pers industri.
Webinar. Karena konten ini merupakan bentuk konten video yang lebih terperinci dan interaktif, webinar adalah format konten tahap pertimbangan yang efektif karena menawarkan konten yang lebih komprehensif daripada posting blog atau video pendek.

Tahap Keputusan

Studi kasus. Memiliki studi kasus terperinci di situs web Anda dapat menjadi bentuk konten yang efektif bagi mereka yang siap untuk membuat keputusan pembelian, karena ini membantu Anda memengaruhi keputusan mereka secara positif.
Testimoni. Jika studi kasus tidak cocok untuk bisnis Anda, memiliki testimonial singkat di situs web Anda adalah alternatif yang baik. Untuk merek B2C, pikirkan testimonial sedikit lebih longgar. Jika Anda seorang merek pakaian, ini dapat berupa foto tentang bagaimana orang lain menata kemeja atau pakaian, ditarik dari tagar bermerek tempat orang dapat berkontribusi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari konten saya?

Dengan pemasaran digital, sering kali Anda merasa dapat melihat hasil lebih cepat daripada pemasaran offline karena faktanya lebih mudah untuk mengukur ROI. Namun, pada akhirnya tergantung pada skala dan efektivitas strategi pemasaran digital Anda.

Jika Anda menghabiskan waktu untuk membangun persona pembeli yang komprehensif untuk mengidentifikasi kebutuhan audiens Anda, dan Anda fokus pada pembuatan konten online berkualitas untuk menarik dan mengonversinya, maka Anda akan cenderung melihat hasil yang kuat dalam enam bulan pertama.

Jika iklan berbayar adalah bagian dari strategi digital Anda, maka hasilnya akan datang lebih cepat – tetapi disarankan untuk fokus pada membangun jangkauan organik Anda (atau ‘gratis’) menggunakan konten, SEO, dan media sosial untuk kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan.

Unduh panduan langkah demi langkah kami untuk membuat strategi digital Anda di sini.
Apakah Saya Membutuhkan Anggaran Besar untuk Pemasaran Digital?

Seperti apa pun, itu benar-benar tergantung pada elemen pemasaran digital apa yang ingin Anda tambahkan ke strategi Anda.

Jika Anda berfokus pada teknik masuk seperti SEO, media sosial, dan pembuatan konten untuk situs web yang sudah ada sebelumnya, kabar baiknya adalah Anda tidak membutuhkan anggaran sama sekali. Dengan pemasaran masuk, fokus utama adalah menciptakan konten berkualitas tinggi yang ingin dikonsumsi audiens Anda, yang kecuali Anda berencana untuk melakukan outsourcing pekerjaan, investasi yang Anda perlukan hanyalah waktu Anda.

Anda dapat memulai dengan hosting situs web dan membuat konten menggunakan CMS HubSpot. Bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, Anda dapat mulai menggunakan WordPress yang dihosting di WP Engine dan menggunakan yang sederhana dari StudioPress.

Dengan teknik outbound seperti iklan online dan pembelian daftar email, tidak diragukan lagi ada biaya. Berapa biayanya turun seperti apa visibilitas yang ingin Anda terima sebagai hasil dari iklan.

Misalnya, untuk menerapkan PPC menggunakan Google AdWords, Anda akan mengajukan penawaran terhadap perusahaan lain di industri Anda untuk muncul di bagian atas hasil pencarian Google untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Bergantung pada daya saing kata kunci, ini bisa terjangkau, atau sangat mahal.

Updated: February 19, 2019 — 11:30 am