Belajar Wordpres Secara Offline

Wordpres adalah salah satu platform blog yang sudah sangat dikenal para blogger dari seluruh dunia. Selain mudah dalam pengelolaanya, Wordpres itu mudah dioptimasi (SEO) sehingga mudah masuk halaman 1 Google karena terdapat banyak plugin yang bisa ditambahkan dan membantu optimasi onpage.

Wordpres yang menggunakan hosting sendiri sebenarnya harus diinstal pada suatu server (hosting) yang online (terhubung ke internet) agar bisa diakses oleh siapa saja. Tetapi untuk keperluan pelatihan atau coba-coba (trial and error), server hosting ini bisa diganti menggunakan komputer pc atau laptop biasa (localhost / server lokal). Untuk membuat sebuah localhost dibutuhkan aplikasi webserver : Apache. Sedangkan untuk melakukan instalasi Wordpres pada webserver tersebut memerlukan aplikasi PHP (web programming) dan MySql (Database).

Beruntunglah kita karena terdapat sebuah aplikasi yang terbundel jadi satu yang sudah berisi aplikasi Apache (webserver), PHP (web programming) dan MySql (database), sehingga untuk memfungsikan komputer pc kita sebagai webserver tidak perlu menginstal satu persatu. Dan aplikasi tersebut adalah Server2Go.

server2go - wordpres offline

Dengan menggunakan Server2Go ini kita bisa belajar, mengeksplor, memodifikasi template Wordpres secara offline (tanpa harus terhubung internet). Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Server2Go :

  • Gratis / Free
  • Tidak perlu di instal, bisa langsung dijalankan dari lokal hardisk, usb flash disk atau bahka CD/DVD
  • Sudah terdapat aplikasi : APACHE, PHP, MySql, bahkan bisa ditambahi modul lain seperti PERL dll
  • Bisa ditambahkan aplikasi¬† CMS lainnya selain WordPress, misalnya Jomlaa, Prestashop, dll
  • Pengoperasiannya sederhana mudah

Agar lebih mudah belajar Wordpres secara offline di localhost atau komputer local, saya telah membuat bundling Server2Go + WordPress yang bisa langsung dipakai tanpa harus melakukan instalasi Wordpres pada Server2Go tersebut :

Silahkan download Server2Go + Wordpres di sini

Semoga bermanfaat.

Updated: February 4, 2014 — 1:20 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: