Viral Marketing Menggunakan Pay With A Tweet

Defini Viral Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan sedikit informasi tetapi mempunyai efek berantai. Teknik ini memanfaatkan Social Media sebagai alat penyebaran informasinya.

Mengapa menggunakan viral marketing social media?

Pengguna Facebook Indonesia adalah peringkat 4 dunia dengan jumlah user 50,4 juta lebih (data per November 2012 menurut www.socialbakers.com).

Facebook didominasi oleh pengguna dengan usia 18-24 tahun yang merupakan usia muda dan produktif.

Facebook user statistic

Yang mencengangkan adalah pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia adalah lebih dari 7 juta pengguna hanya dalam waktu 6 bulan.

Sedangkan untuk pengguna Twitter di Indonesia pada peringkat 5 dunia dengan jumlah pengguna hampir 30 juta user (data sampai dengan Juni 2012). Dengan kenaikkan jumlah pengguna 10 juta user dalam waktu 6 bulan.

Karena data statistik Facebook dan Twitter inilah maka kedua Sosmed (social media) ini sangat signifikan untuk dipergunakan sebagai sarana mengimplementasikan viral marketing.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan kedua sosmed ini untuk viral marketing ?

Caranya adalah menggunakan sebuah layanan bernama PAY WITH A TWEET yang bisa diakses pada www.paywithatweet.com

pay with a tweet - viral marketing

Prinsip Kerja Pay With A Tweet

Prinsip penggunaan layanan Pay With A Tweet adalah memberikan persyaratan menyebarkan informasi (misalnya, publikasi sebuah website atau blog) melalui wall Facebook atau Tweeter untuk mendapatkan sesuatu yang berharga, misalnya sebuah EBOOK.

Contoh :

Saya akan menyebarkan informasi mengenai blog pribadi saya, www.isparmo.web.id dengan memberikan secara gratis sebuah Ebook (dalam format pdf) berjudul : Membuat Toko Online Gratis Menggunakan Blogspot.

Jadi ada dua jenis informasi yang akan disebarkan :

  1. Informasi Utama : Informasi pokok yang mau disebarkan agar diketahui public. Dalam hal ini adalah blog www.isparmo.web.id
  2. Informasi Pancingan : Informasi yang memiliki nilai tambah secara umum dan dibutuhkan oleh publik. Dalam hal ini adalah Ebook Membuat Toko Online Gratis.

ebook Membuat Toko Online

Saat orang mengklik tombol Download, maka akan keluar menu :

pay with a tweet menu

yang merupakan syarat untuk mendownload ebook, yaitu menyebarkan informasi blog www.isparmo.web.id melalui Twitter atau Facebook.

Hasil penyebaran informasi pada wall Facebook orang yang mendownload adalah seperti berikut :

pay with a tweet result

Sedangkan pada Twitter adalah :

pay with a tweet result twitter

Semoga bermanfaat.

Updated: November 23, 2012 — 4:39 pm