Tools SEO Yang Wajib Digunakan

Beberapa tools SEO (Search Engine Optimization) yang ‘wajib’ digunakan untuk mengoptimasi website atau blog adalah :

1. SERPAttacks (Freeware)

SERPAttacks bisa di download di www.serpattacks.com

 SEO Tools - SERPAttacks

Tool ini berisi gabungan beberapa tools sekaligus yaitu :

  • SERP Analyzer, berfungsi untuk menganalisa website kompetitor, mulai dari rangking SERP (Search Engine Result Page), Backlinks, SiteLinks, PageRanks, Domain Age, Title, Description, H1, YD (Site in Yahoo Directory).
  • Keyword Research, berfungsi untuk melakukan keyword research yang berbasis pada Google Adword : Keyword Tool.
  • Rank Tracker, berfungsi untuk mengetahui rangking SERP, pada beberapa Search Engine sekaligus : Google, Bing, Yahoo, Altavista dan Ask, dengan menggunakan beberapa Keywords sekaligus.
  • Backlink Checker, berfungsi untuk cek backlink (termasuk jumlah link dan nama website penyumbang link) yang berasal dari internal dan eksternal. Termasuk untuk cek apakah backlink tersebut DoFollow atau tidak.
  • PPC Fetcher, berfungsi untuk melakukan analisa terhadap keberadaan dan harga iklan berbasis PPC berdasarkan keyword tertentu.
  • Page Content Helper, berfungsi untuk melakukan analisa terhadap website berupa, Meta description, Meta keyword, Title, Description, H1, H2, dll. Dan memberikan suggestion untuk bagaimana seharusnya. Tetapi feature ini kurang akurat / berfungsi dengan baik, karena tidak memberikan hasil analisa sempurna.

Secara umum, SERPAttacks ini sebuah SEO Tool gratis yang lengkap untuk melakukan Optimasi, sehingga wajib digunakan oleh para webmaster.

2. Trakkboard (Freeware berbasis Adobe Air)

Trakkboard adalah Google Analytics client yang berbasis Adobe Air.

SEO Tool - Trakkboard

Feature yang paling menarik pada Trakkboard ini adalah bisa digunakan untuk multi account Google Analytics. Jadi jika kita mempunyai 5 website yang kita pantau pengunjunganya menggunakan Google Analytics, maka kita bisa melihat analisa pengunjung kelima website tersebut sekaligus.

Updated: May 7, 2011 — 9:44 am

2 Comments

  1. Pusat Mutiara Lombok

    Terimakasih atas infonya pak, sejak diposting diforum saya masih bingung apa dan bagaimana benda ini difungsikan, kini sudah jelas, ternyata itu to fungsinya. Kren, semakin menguatkan hasil riset.

Comments are closed.