GOOGLE SITE, Cara Mudah Membuat Website

Layanan pembuatan website dan hosting gratis milik Google, Google Site, patut untuk dicoba karena membarikan kemudahan untuk membuat sebuah website. Sebelum mengulas lebih jauh, perhatikan screen capture sebuah website yang dibuat pada Google Site menggunakan URL ini http://sites.google.com/site/isparmoweb/

Google Site template 

Screen capture web di atas tersebut dapat dibuat hanya dalam waktu kurang lebih 2 menit di Google Site sebab tersedia banyak sekali template web siap pakai. Bukan hanya itu, untuk memodifikasi template tersebut dan mengisi website menurut kehendak kita mudah dilakukan sebab terdapat editor berbasis visual seperti layaknya kita menggunakan Ms FrontPage atau Adobe Dream Weaver. Jadi kita tidak perlu tahu banyak bahasa HTML.

Google Site edit page

 Google Site menu editor

Selain itu kita dengan mudah menghubungkan/mengintegrasikan website pada Google Site ini dengan layanan Google lain seperti : Google Adsense, Google Analytics, Google Webmaster Tools, Google Docs, dan bahkan Google Apps. Sehingga lengkaplah kemudahan dalam pembuatan website, me-monitize, SEO tergabung menjadi satu. Untuk tempat penyimpanan file di Google Site ini kita diberikan space 100MB, cukup besar kan ?

Cara mencoba membuat website di Google Site cukup mudah :

1. Anda harus mempunyai account Google (email gmail.com)

2. Kunjungi http://sites.google.com

3. Lakukan login Google account

4. Klik tombol Create New Website

5. Pilih template dan lakukan eksplorasi dalam pembuatan website

Semoga bermanfaat.

Updated: February 25, 2010 — 9:09 am

2 Comments

  1. nice topic.
    masih ada 1 lg kelebihan. di google sites qt bs pake 1 id untuk beberapa blog.
    tp, knp ya google sites pelit bngt perihal gadget? ga support google friend connect. trus jg navigasinya ga bs diutak atik sesuka hati.
    masak mw pasang status YM, mw pasang comment, musti di setting tiap page. kn ribet tuh..

  2. Pencari ilmu,

    Kalau untuk modifkasi memang kurang pas jika menggunakan Google Site. Pake Blogspot saja biar lebih fleksibel

Comments are closed.