Multiple Search Engine

Bagi para pengguna internet, Search Engine merupakan salah satu perlengkapan utama dalam berselancar di dunia maya. Apa definisi Search Engine (mesin pencari) ? Dari Wikipedia Indonesia :

"Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian."

Search engine yang banyak dikenal misalnya : Google dan Yahoo. Dua raksasa besar Search Engine ini cukup mendominasi karena kemampuannya yang hebat dalam meng-index halaman-halaman web dan file-file yang ada di jaringan internet. Bayangkan jika kita bisa menggabungkan sekaligus dua search engine itu dalam satu halaman pencarian akan sangat membantu kita menemukan sesuatu yang kita cari di internet. Apalagi jika tidak hanya dua search engine tapi lebih dari lima sekaligus digabungkan jadi satu halaman website tentu akan menghasilkan pencarian yang lebih beragam. Dan ternyata hal itu bukan cuma bayangan, sudah ada multiple search engine yang merupakan gabungan beberapa Search Engine dalam satu halaman web site. Jadi Anda tidak perlu membuka window baru untuk melakukan pencarian dengan Search Engine yang lain. Multiple Search Engine yang akan kita bahas adalah ZUULA dan FILESCOOP.

1. ZUULA

ZUULA yang beralamat di http://www.zuula.com merupakan multiple search engine yang terdiri dari search engine : GOOGLE, YAHOO, MSN, GIGABLAST, EXALEAD, ALEXA, MAHALO, ACONA, WIKIA, VISVO, MOJEEK.

zuula-1 

Walaupun sekarang masih taraf pengembangan (Beta), tapi ZUULA ini sudah bisa dipergunakan dengan baik. Kita tinggal menuliskan "Kata Kunci" atau "Keyword" kemudian akan muncul hasil pencarian dari berbagai search engine, kita tinggal melihatnya di bagian tabulatornya denga cara mengkliknya. Lumayan menghemat waktu kan ?

zuula-2

Bukan hanya mengindex pencarian website, ZUULA juga melakukan peng index an :

  • Images yang terindex di : GOOGLE. YAHOO, MSN, EXALEAD, PIXSY, FLICKR, PHOTOBUCKET, SMUGMUG, PICASA, STOCKXCHNG
  • Video yang terindex di : GOOLGE, YAHOO, YOUTUBE, MSN, TRUVEO, DAILYMOTION, METACAFE, SPIKE, PIXSY
  • News/berita yang terindex di : YAHOO, GOOGLE, TOPIX, MSN
  • Blog yang terindex di : GOOGLE, TECHNORATI, ICEROCKET, BLOGPULSE, SPHERE, BLOGLINES, BLOGDIGGER, BLOGDIMENSION, TOPIX
  • Job/informasi lowongan kerja yang terindex di : MONSTER, CAREERBULIDER, HOTJOBS, INDEED

Bagusnya lagi ZUULA ini bisa memfilter Adult Content dalam melakukan mencarian. Yaitu dengan cara klik Preferences kemudian pada bagian Safe Search pilih On: filter out adult search results.

Lumayan lengkap kan. Sangat menghemat waktu kita untuk melakukan pencarian.

 

2. FILESCOOPE

Bagi yang suka mencari files tertentu di media file sharing, maka FILESCOOPE ini bisa menjadi salah satu alternatif mesin pencari yang efektif. FILESCOOPE ini akan mengindex file-file yang ada di : 4filehosting.com, adrive.com, badango.com, esnip.com, filecloud.com, oxyshare.com, rapidupload.com, rapidshare.de, rapidshare.com, depositfiles.com, filefactory.com, filefront.com, megashares.com, megaupload.com, mytemdir.com, sendspace.com, speedshare.org, turboupload.com, uploading.com, yastorage.com, yourfilehost.com, yousendit.com, zshare.net. Bahkan FILESCOOPE ini juga mengindex torrent yang ada di penyedia jasa torrent mininova.org dan torrentportal.com, sehingga semakin melengkapi koleksi file sharing yang akan dicari.

filescoop_1

Cara penggunaanya mudah, masukan "keyword" kemudian klik Search Option untuk memilih mau mencari di website file share apa saja. Kemudian klik Search, maka akan muncul halaman hasil pencarian.

filescoop_2

Semoga bermanfaat. (Sumber : www.isparmo.web.id)

Updated: May 28, 2008 — 8:30 am

2 Comments

  1. Buat saya, google sudah cukup bagus 🙂 Tinggal tambahin addons CustomizeGoogle aja biar tambah mantab.

    Salam.

  2. lam kenal mas, blog gw kasian bgt blum bisa kebaca ma search engine sekali2 main ke blog gw siapa tau saran yah sekalian pesan hotel hehe.tx

Comments are closed.