Membuat Signature Pada Mozilla Thunderbird

Melanjutkan tutorial “http://isparmo.web.id/2008/03/18/tutorial-download-email-menggunakan-thunderbird/” sekaligus memenuhi permintaan dari rekan pembaca blog ini tentang cara membuat signature pada software email client MOZILLA THUNDERBIRD, maka posting kali ini akan membahas tutorial Membuat Signature Pada Mozilla Thunderbird.

Signature pada email adalah satu blok teks pada email (biasanya pada bagian footer) yang berisi informasi identitas pengirim email. Signature adalah ciri khas dari masing-masing pengirim email, informasi yang ada pada signature biasanya adalah : nama, perusahaan, alamat, dan keterangan lain. Pada Thunderbird, signature bisa dibuat dalam format teks biasa dan dalam format HTML.  Cara membuat signature pada Thunderbird adalah sebagai berikut :

1. Jika signature yang akan dibuat dalam format teks biasa, maka bukalah teks editor (pada windows misalnya menggunakan Notepad, pada Linux menggunkana Gedit). Buatlah signature sesuai keinginan Anda lalu simpanlah dan beri nama file dengan ekstension .txt. Jika menghendaki signature yang lebih bervariasi dalam warna dan jenis font, maka buatlah signature dalam format HTML, cara membuatnya adalah menggunakan Thunderbird juga. Buka Thunderbird, klik File -> Menu -> Message. Lalu buat signature sesuai keinginan dan save dalam file berformat .html

 

Thunderbird Signature html format

 2. Lakukan loading signature dengan cara : Buka Thunderbird, klik menu Edit -> Account setting, sorot account email yang mau diberi signature, laluberi ceklist (v) pada Attach this signature dan klik Choose untuk memilih file signature yang telah disimpan sebelumnya.

Thunderbird signature file choose

Selamat mencoba

Updated: November 22, 2008 — 11:16 pm

3 Comments

  1. mas,…makasih banget dah postingartikel ini,..helps me alot……
    sekrang dah bisa setting signature e-mail sendiri,..nungguin swami settingin kelamaan dah nggak sabar akhirnya uplek2 sendiri,…habis saur….

    makasih yaah…..

  2. Bunda Fitri,

    Semoga bermanfaat artikel-artikelnya….terima kasih

Comments are closed.