Tutorial Memanfaatkan WIKIMAPIA Sebagai Informasi Geografis

Pernah menggunakan GOOGLE MAP atau GOOGLE EARTH sebagai informasi geografis ? Misalnya memberikan informasi lokasi/peta tempat tinggal kita ? Ternyata ada aplikasi web yang bisa lebih detail mencari atau membuat informasi geografis. Jika menggunakan GOOGLE MAP saat mencari lokasi dengan menggunakan kata kunci, Taman Royal 1 (nama perumahan di daerah Tangerang), misalnya, maka kita akan diarahkan oleh Google ke alamat http://wikimapia.org/1547044/ . Nah bagaimanakah kita bisa menambahkan informasi lokasi baru, bisa berupa alamat rumah & alamat tempat usaha dll, pada WIKIMAPIA ? Iuti tutorialnya sebagai berikut :

1. Masuk ke http://www.wikimapia.org

image

2. Pada kotak SEARCH di pojok kanan atas ketikkan nama daerah di mana alamat detail yang akan kita buat, misalnya saya akan membuat informasi geografis, Taman Royal 1, Jl. Pinus 2, No. 7, yang terletak di Kota Tagerang. Maka isikan di kotak SEARCH : Tangerang, atau kalau mau mencoba lebih detail tulis saja di kotak SEARCH : Taman Royal 1, siapa tahu sudah ada yang membuat informasi tersebut.

image

3. Ternyata dengan menggunakan kata kunci Taman Royal 1, saya menemukan informasi itu sudah ada (telah dibuat oleh seseorang). Terlihat kotak hasil pencarian di bagian kanan. Selanjutnya klik pada kata Taman Royal 1.

4. Setelah terlihat lokasi Taman Royal 1, lakukan Zoom In (dengan menggunakan tools yangada di bagian samping kiri) agar lokasi detail yang kita mau dibuat detailnya bisa terlihat lebih jelas.

5. Klik Add Place (tulisan warna merah) pada menu di bagian kiri atas. Maka akan muncul sebuah kotak kecil dengan garis putih putus-putus dan dibagiamn atas kotak itu ada menu SAVE dan CANCEL. Kotak putih inilah yang akan digunakan untuk menandai lokasi yang kita maksud. Kemudian klik SAVE setelah lokasi yang kita maksud ditandai dengan kotak putih itu.

image

6. Akan muncul sebuha menu baru. Pilihlah informasi detail sesuai dengan yang Anda maksud. Misalnya jika yang kita tunjukkan berupa peta/lokasi rumh tingal maka pilih Language : Indonesia, Place Type : Common, Private house, residence.

image

7. Isikan pula Title, Description dan Tag pada menu dibagian bawahnya. Lalu klik save. Lokasi/peta yang kita maksud sudah dibuat. Jika ingin memberitahukan peta/lokasi yang kita maksud kepada orang lain via email atau Chatting, copy paste kan alamat url di web browser pada saat kita melakukan pembuatan peta/lokasi ini dalam keadaan ter zoom.

image

Semoga bermanfaat

Save

Updated: March 3, 2017 — 8:29 am

1 Comment

  1. mas setiap aku klik wikimapia kok slalu done, kenapa ? trims

Comments are closed.