Dahsyatnya Istighfar

Dalil-dalil Istighfar

Dalil Quran

“Mohonlah ampun kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai- sungai”.

(QS.Nuh : 10-12)

Dalil Hadits

“Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Alloh) niscaya Alloh menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan dan Alloh akan memberinya rizki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangka”.

(HR.Ahmad, Abu Daud, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim)

Dalil dari Atsar

Terdapat sebuah atsar dari Hasan Al Bashri rahimahullah yang menunjukkan bagaimana faedah istighfar yang luar biasa.

“Sesungguhnya seseorang pernah mengadukan kepada Al Hasan tentang musim paceklik yang terjadi. Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau tentang kemiskinannya. Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau tentang kekeringan pada lahan (kebunnya). Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

Kemudian orang lain mengadu lagi kepada beliau karena sampai waktu itu belum memiliki anak. Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristighfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

BACA JUGA :  Informasi Bencana Terkini

Kemudian setelah itu Al Hasan Al Bashri membacakan surat Nuh di atas.

(Riwayat ini disebutkan oleh Al Hafidz Ibnu Hajar di Fathul Bari, 11: 98)

Faedah / Manfaat / Keutamaan Istighfar

  1. Diampuni dosa-dosanya

” Tidak ada satupun seorang hamba yang berbuat suatu dosa, kemudian berdiri untuk bersuci, kemudian melakukan sholat dan beristighfar untuk meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuni dosanya.

(Hadits Hasan Riwayat at-Tirmidzi no : 3009, Abu Daud, no : 1521)

  1. Diturunkannya hujan
  2. Membuka pintu rejeki dan memperbanyak harta, anak-anak dan kebun-kebun

Sesungguhnya seorang hamba pasti akan terhalang dari rizki disebabkan oleh dosa yang telah ia perbuat” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Hakim).

  1. Membuka jalan keluar dari masalah, kesempitan hidup dan kesedihan
  2. Mencegah Adzab

“Dan Alloh sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. dan tidaklah (pula) Alloh akan mengazab mereka, sedang mereka beristighfar (meminta ampun).” (QS. Al-Anfal: 33).

  1. Mendapat kemuliaan Surga

”Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat seorang hamba di surga. Hamba itu berkata,’Wahai Allah, dari mana saya dapat kemuliaan ini?’ Allah berkata,’Karena istighfar anakmu untukmu. “HR.Ahmad dengan sanad hasan)

  1. Menambah Kekuatan
BACA JUGA :  Warning ! Virus baru Mengenkripsi File Anda

Dan (dia berkata):”Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.”(QS.Hud: 52)

  1. Mendapatkan Keberuntungan

”Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.” (HR.Bukhari)

Bacaan-bacaan Istighfar

  1. ASTAGHFIRULLAHAL ‘ADZIM

bacaan istighfar pendek

Aku mohon apun kepada Allah yang maha besar. (HR. Muslim)

  1. ASTAGHFIRULLAHU ALLADZII LAA ILAAHA ILLAHUWAL HAYYUL QOYYUM WA ATUUBU ILAHI

Bacaan istighfar panjang

Aku mohon ampun kepada Allah, yang tidak ada Tuhan selain Dia yang hidup dan berdiri sendiri dan aku mohon ampun padaNya. (HR. Abu Daud, Turmudzi)

  1. ALLAHUMMA ANTA RABBII LÂ ILÂHA ILLÂ ANTA KHALAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHA’TU A’ÛDZU BIKA MIN SYARRI MÂ SHANA’TU ABÛ`U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA WA ABÛ`U BIDZANBII FAGHFIRLÎ FA INNAHU LÂ YAGHFIRU ADZ DZUNÛBA ILLÂ ANTA

Bacaan sayyidul istighfar

Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau. (HR Bukhori)

BACA JUGA :  BOIKOT : Hari Menggambar Nabi Muhammad (Everybody Draw Muhammed Day)

Materi kultum Ramadhan 1438 H. 5 567 http://wp.me/p6399V-14x

Save

Save

Save

Save

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: May 22, 2017 — 4:11 pm
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: