Perbincangan Dengan Seorang Karyawan

Perbincangan dengan seorang karyawan :

pahala karena bekerja

Karyawan : K

Penanya : P

 

P : Pak, berapa jarak rumah ke kantor Bapak ?

K : Sekitar 35 km

 

P : Jam berapa Bapak berangkat ke kantor ?

K : Sehabis Subuh, sekitar jam 05:30 pagi

P : Woow….pagi sekali ya

 

P : Butuh waktu berapa lama dari rumah ke kantor ?

K : sekitar 1 – 2,5 jam

P : Wuuiih…..lama juga ya

 

P : Kenapa Bapak mau melakukan itu semua ? Maksudnya, bekerja di tempat jauh, berangkat pagi-pagi, dan ‘membuang waktu’ untuk perjalanan 1 – 2,5 jam menuju ke kantor ?

K : Dibuat asyik aja Mas. Ambil hikmah kebaikkan dari semua yang kita lakukan.

1. Berangkat pagi. Mulai beraktifitas di pagi hari, karena di waktu pagi ada KEBERKAHAN.

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR Abu Daud)

“Bangunlah di pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.” (HR Thabrani)

2. Jarak yang jauh dari rumah ke kantor, justru makin memperbanyak pahala. Sebab bekerja mencari rejeki yang halal untuk anak dan istri adalah KEWAJIBAN seorang suami. Melaksanakan kewajiban akan mendatangkan pahala. Maka bacalah DOA saat hendak berangkat bekerja, dan niatkanlah mencari rejeki halal untuk keluarga, insya Allah bernilai ibadah.

Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi, pen)” (HR. Muslim no. 995).

3. Waktu yang lama untuk melakukan perjalanan menjadikan saya bisa mendengarkan kajian agama. Kapan lagi saya bisa mendengar kajian kalau tidak di perjalanan itu. Hari Sabtu-Minggu belum tentu saya bisa mendengarkan kajian di rumah, sebab itu waktu keluarga, inginnya santai-santai istirahat di rumah, bercanda dengan istri dan anak. Kajian dari ustadz-ustadz banyak bisa kita download di Youtube, lalu kita dengarkan secara Offline.

Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 1037)

4. Dan ketika sampai di rumah di sore atau malam hari, saya tentu lelah, dan kelelahan saya tersebut bisa menghapuskan dosa-dosa saya, insya Allah.

Barangsiapa yang di waktu sore merasa capek (lelah) lantaran pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya.” (HR. Thabrani)
P : Terima kasih inspirasinya Pak.

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: September 1, 2016 — 10:36 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: