Tugas Konsultan SEO

Konsultan SEO (Search Engine Optimization) ada konsultan yang melakukan teknik optimasi website agar website masuk halaman 1 Google. Dia bisa memberikan saran-saran yang berkaitan dengan optimasi tersebut sekaligus bisa mengerjakan optimasi website tersebut.

Berikut ini adalah tugas-tugas yang harus dilakukan oleh konsultas SEO :

1. Melakukan Riset Keyword / Kata Kunci

Tujuan riset ini adalah mengetahui kata apa saja yang diketik di Search Engine terutama Google untuk mencari informasi yang berkaitan dengan website. Misalnya, apakah benar kata : jual rumah, diketik di Google oleh para pengguna internet yang sedang mencari informasi rumah yang hendak dijual. Google telah menyediakan tool atau alat untuk mengetahui secara pasti keyword apa saja yang diketik oleh pengguna internet. Minimal kita bisa menggunakan 2 tool gratisan Google untuk melakukan riset keyword yaitu : Google Suggestion dan Google Keyword Planner.

Google Suggestion digunakan untuk mendapatkan keyword turunan atau keyword yang merupakan lanjutan dari keyword yang diketik. Misal, selain keyword : jual rumah, keyword turunan / lanjutan apa saja yang diketik juga ? Cara menggunakan Google Suggest sangatlah mudah, Anda tinggal membuka Google.com lalu ketikkan keyword : jual rumah, tapi jangan tekan tombol Enter dulu, biarkan sejenak (atau tekan tombol Spasi), maka Google menunjukkan maksimal 10 keyword turunan. Berikut contohnya :

Riset keyword Google Suggest jual rumah

Google menyarankan keyword turunan dari : jual rumah, adalah : jual rumah murah,  jual rumah bandung, jual rumah jakarta, jual rumah murah di jakarta, jual rumah bekasi, jual rumah depok, jual rumah di bogor, jual rumah olx, jual rumah murah di depok.

Sebenarnya bukan hanya 10 keyword tururnan yang bisa kita dapatkan tetapi masih banyak lagi, dan Google hanya memberikan 10 keyword yang paling populer. Kita bisa mendapatkan keyword tururnan lainnya menggunakan bantuan tools Online antara lain : http://keywordtool.io/  dan http://ninjaseotools.com/keyword-suggestion-tool.php

Riset keyword turunan Google Suggest menggunakan keywordtool.io

Ternyata ada 402 keyword turunan : jual rumah. Dan kita bisa menyimpan semua data keyword tersebut dengan menekan tombol Copy All atau Export All pada tool online keywordtool.io

Tool Riset Keyword berikutnya menggunakan Google Keyword Planner yang bisa diakses pada link singkat berikut >> http://risetkeyword.isparmo.web.id atau search di Google : google keyword planner dan klik hasil pencarian paling atas. Untuk menggunakan tools seo Google Keyword Planner (GKP) ini, kita harus memiliki akun email Gmail untuk mempermudah penggunaanya. Dengan menggunakan GKP ini, kita akan mendapatkan data keyword yang berhubungan (related keyword) beserta data jumlah/frekuansi pencarian perbulannya. Sehingga kita bisa memilih keyword mana yang mau dijadikan keyword utama, yaitu keyword yang jumlah pencariannya relatif terbanyak.

riset keyword Google Keyword Planner jual rumah

 

Dari data Google Keyword Planner tersebut, keyword : jual rumah, di cari sebanyak 18.100 kali (diketik di Google) dalam waktu sebulan yang lalu. Sehingga keyword ini bisa dijadikan keyword utama yang akan dioptimasi.

Selain itu kita bisa menggunakan bantuan software berbayar untuk melakukan riset keyword, yaitu menggunakan software Market Samurai dan Long Tail Keyword.

Riset keyword tool seo Market Samurai free

 

Riset keyword tool seo Long Tail Pro free

Seorang Konsultan SEO harus bisa menentukan mana keyword utama dan mana keyword turunan agar, website mendapatkan banyak kunjungan dari pengguna Internet.

2. Tugas kedua adalah Melakukan Optimasi Onpage

Optimasi Onpage SEO adalah melakukan optimasi terhadap isi dari website, menempatkan keyword hasil Riset pada bagian-bagian website, seperti pada Web Title (atau Site Title), Description (Tagline), Post Title, Body Post. Konsltas SEO harus bisa menempatan di mana seharusnya keyword utama berada dan keyword turunan berada di website tersebut. Tapi ingat, dilarang keras melakukan Keyword Spamming dengan menempatan keyword sejenis yang sangat banyak pada body posting, hal ini dibenci oleh Google sehingga bisa merusak reputasi website, yang akan mengakibatkan website susah masuk halaman 1 Google. Tugas Onpage SEO lainnya adalah, bisa membuat artikel atau posting website dengan jumlah minimal adalah 500 kata. Limaratus (500) kata itu gambarannya adalah jika kita mengetik menggunakan Ms Word sebanyak 1 halaman A4 dengan menggunakan  spasi 1 dan tipe huruf Arial/TimesNewRomans 12 pts. Mengapa minimal 500 kata ? sebab Google menyukai konten atau artikel yang bermutu dan bermanfaat. Artikel tidak boleh Copy Paste 100% dari sumber lain. Kalau mau meniru atau menjiplak maka harus dilakukan modifikasi dengan cara menghapus sebagian kata dan menambahkan kata-kata sendiri.

Selain artikel yang harus dioptimasi adalah gambar yang disertakan pada artikel posting. Cara mengoptimasi gambar adalah dengan menggunakan keyword pada : nama file gambar, Title gambar dan Alt Text. Gunakan juga keyword pada struktur URL posting atau yang dikenal sebagai Permalink yang SEO Friendly.

Optimasi SEO Onpage

3. Tugas Ketiga adalah Melakukan Optimasi Offpage atau Backlink

Backlink adalah ketika alamat website kita menempel di website lain, atau disebut sebagi Link Referensi. Analoginya di dunia nyata, website itu ibarat kartu nama, semakin banyak kartu nama kita sebarkan ke orang lain, maka kita akan semakin dikenal. Demikain juga website, semakin banyak link website kita menempel di web lain maka posisi website kita semakin bagus di Google (mudah berada di halaman 1 Google). Konsultan SEO, berkaitan dengan tugas Offpage SEO ini harus bisa : mencari sumber backlink dan menanam atau Submit Backlink.

Untuk mencari sumber backlink, maka dia harus menguasai teknik yang bernama Footprint SEO. Yaitu teknik pencarian sumber backlink berdasarkan ciri-ciri tertentu dari sumber backlink. Misal, untuk mencari sumber backlink yang dari website yang terdapat kolom komentar pada posting artikelnya, maka dia mengetikan kata-kata (footprint web comment) berikut di Google :

site:.com inurl:blog "post a comment" -"comments closed"
Contoh hasil backlink dari web comment, perhatikan keyword : rumah dijual di kolom komentar di bawah ini :
backlink seo web comment
Selain itu konsultan seo juga harus membuat Web Support atau Dummy Web menggunakan berbagai format web, seperti Blogspot, WordPress gratisan maupun berbayar, Tumblr dll. Bukan hanya membuat web dummy tersebut, dia juga harus bisa memperkuat Web Authority dari web dummy tersebut dengan menggunakan backlink sehingga bisa memperkuat posisi web utama.
Sebaiknya dia juga bisa dan terampil menggunakan software Auto Backlink seperti : GSA Search Engine Ranker untuk membantu melakukan backlink secara otomatis. Tapi ingat, sebaiknya untuk web utama jangan di backlink menggunakan software.
Ada banyak tipe backlink yang harus dikuasai oleh konsultan seo, antara lain : Web Comment, Web Dummy, Web Profile, Social Media, Social Bookmark, Article Directory, WhoIs, Web Info, Trackback, Ping Back, Short URL, RSS Feed, Document Share, video Share, Web Directory dll.
Penguasaan terhadap tools yang digunakan untuk menganalisa kualitas atau kekuatan backlink juga wajib dikuasai seperti tools untuk mengukur Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA), milik MOZ serta URL Rating (UR) dan Domain Rating (DR), milik AHREFS.

4. Tugas Keempat adalah Melakukan Evaluasi SEO

Setelah tahap-tahap SEO dilakukan maka terakhir adalah mengevaluasinya. Tool standar yang harus dikuasai adalah Google Webmaster Tools (GWT). Tool ini dapat memantau :

  • Traffic atau lalu lintas pengunjung website

Jumlah kunjungan dan keyword apa saja yang menjadi referensi kunjungan bisa dipantau. Bahkan GWT ini juga bisa memberikan data rangking atau posisi keyword-keyword di halaman pencarian Google, untuk mengetahui apakah keyword utama telah masuk halaman satu Google atau belum.

  • Data Backlink

Backlink yang telah dilakukan bisa dilihat dari GWT. Sebab tidak semua backlink yang telah dilakukan diakui oleh Google. Contohnya : jika kita melakukan backlink pada Facebook melalui update di wall, meletakkan alamat website di profile Facebook maupun di Fanspage ternyata tidak diakui Google. Sedangkan meletakkan URL atau alamat webiste pada Google Plus, baik di profile maupun wall tempat update status, ternyata diakui Google. melakukan backlink pada deskripsi Youtube juga diakui Google, tetapi tidak diakui pada kolom Comment Youtube. Seorang konslultan seo harus paham benar, tipe-tipe backlink apa saja yang diakui Google sehingga tidak melakukan hal yang sia-sia saat nge backlink.

Konsultan SEO juga harus bisa melakuka analisa kompetitor, seberapa kekuatan konten dan backlink web-web yang berada di halaman 1 Google, sehingga bisa menyiapkan sarana apasaja untuk menggeser posisi kompetitor tersebut. Penguasaan terhadap tools online untuk melakukan kompetitor sepeti Ahrefs, Majestic SEO, Open Site Explorer dan yang berbentuk software seperti, Marketi Samurai juga harus bisa menggunakannya.

Demikian sekilas tentang tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang konsultan seo. Semoga bermanfaat. ISPARMO (http://isparmo.web.id)

http://goo.gl/dzHuH9 | http://goo.gl/pU2U9U | http://goo.gl/B8BC1M | http://goo.gl/mOEyJJ | http://goo.gl/qlNo9y | http://goo.gl/suLiYM | http://goo.gl/5MKx44

 




	
	
	
	
Updated: November 19, 2016 — 5:09 pm
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Isparmo SEO
%d bloggers like this: