Akan Ada Ekspansi Asing ke Indonesia ?

Bapak Ibu sekalian, MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) akan berlaku pada 31 Desember 2015.  Efek dari berlakunya MEA adalah akan ada arus barang, jasa dan tenaga kerja dari dan ke 10 negara Asean dengan bebas.

Hal ini merupakan Peluang sekaligus Tantangan bagi para pengusaha, pebisnis, ukm, penjual barang dan jasa di Indonesia. Menjadi peluang karena memudahkan ekspansi bisnis. Tapi juga menjadi tantangan, apakah kita bisa bertahan di negeri sendiri atas ekspansi ekonomi dari negara-negara Asean ini ?

image

Salah satu bentuk kesiapan kita adalah memperkuat promosi produk barang dan jasa melalui Media Online, terutama penggunaan Website yang dioptimasi / diterapkan teknik seo (masuk halaman 1 Google ketika dicari menggunakan kata kunci / keyword yang berhubungan dengan produk).

Salah satu bukti bahwa mereka, pebisnis luar negri, telah mempersiapkan diri mengahdapi MEA adalah mereka mengikuti Workshop Social Media Marketing di Batam beberapa bulan yang lalu. Teman saya yang menjadi trainer workshop ini mengatakan bahwa ada peserta dari Malaysia dan Singapura yang mengikuti workshop ini. Dan ketika ditanya, mengapa mereka mengikuti workshop Social media di Indonesia, bukankah di Malaysia dan Siangapura lebih maju dibidang Internet Marketing.  Mereka menjawab bahwa mereka ikut workshop ini karena ingin merambah pasar Indonesia.

Sudah siapkah kita ?

ISPARMO
Trainer Internet Marketing dan SEO

Cek jadwal pelatihan di http://internetmarketingcenter.web.id

Updated: January 7, 2016 — 11:43 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: