Mendapatkan Backlink dari Facebook

Link Building atau Backlink adalah salah satu faktor penentu SEO (Search Engine Optimization, teknik optimasi agar website masuk halaman 1 Google). Salah satu persyaratan Backlink adalah berasal dari sumber (website) yang berkualitas (authority tinggi, PA dan DA nya tinggi). Facebook adalah salah satu website yang memiliki authority tinggi, Page Authority (PA) 97 dan Domain Authority (DA) 100. Sehingga mendapatkan backlink dari Facebook tentu berdampak positif bagi SEO suatu website.

Backlink SEO dari Facebook

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink dari Facebook ?

1. Apakah dengan menuliskan link URL di wall FB saat update ?

2. Apakah dengan menuliskan link URL di comment profile ?

Ternyata cara 1 dan 2 di atas tidak bisa menghasilkan Backlink yang diakui Google. Hal ini sudah saya coba dan diamati melalui Google Webmaster Tools (GWT).

Saat ini sedang dicoba cara ke 3 : Membuat backlink dari Note di profile FB seperti sudah saya buat di link ini :

http://www.facebook.com/notes/isparmo-seo/apakah-anchor-text-di-facebook-note-diakui-backlink-oleh-google/981955938493700

Saat ini Facebook baru saja mengupdate versi terbaru fasilitas Note yang lebih kaya akan feature. Seperti :

  • Menyisipkan image pada header Note
  • Menyisipkan image pada body Note
  • Melakukan Tag kepada FB Profile maupun Page
  • Menyisipkan link atau anchor text
  • dll

Sehubungan dengan hal tersebut, terutama feature menyisipkan anchor text pada badan Note atau artikel maka ada kemungkinan bahwa Facebook Note ini bisa digunakan untuk memperkuat SEO (Optimasi) suatu website, yaitu bisa menyumbangkan backlink dan diakui oleh Google (Google Webmaster Tools). Melalui note ini, maka akan diuji coba hingga 1 minggu ke depan apakah Anchor Text (backlink) dan link di Facebook Note diakui oleh Google.

Kalau secara logika, saat kita membuka link Note Profile FB di atas, walaupun tidak mempunyai akun FB, tetap bisa membuka dan membaca Note tersebut, bahkan bisa mengklik link URL dan Anchor Text tanpa di redirect oleh FB, sehingga seharusnya Google bisa mengakui sebagai Backlink. Kita akan amati hal ini di Google Webmaster Tools untuk 1 minggu ke depan.

Cara ke 4 : Mendapatkan backlink dari Note di Fanspage FB juga akan dicoba, yaitu dengan menggunakan Note di link ini :

http://www.facebook.com/notes/pembicara-internet-marketing/bisa-mendapatkan-backlink-dari-facebook-/949433928471382

Sayangnya Note di Fanspage, saat ini belum menggunakan feature baru seperti pada Note profile, sehingga tidak bisa menggunakan anchor text, tetapi hanya naked URL. Akan kita amati juga hal ini di GWT untuk 1 minggu ke depan.

Cara yang sudah terbukti bahwa Facebook bisa menyumbangkan backlink dan diakui Google adalah dengan menggunakan Fanspage. Lalu kemudian fanspage tersebut ditambahi aplikasi Frame yang memuat website yang akan diberi backlink.

Updated: October 20, 2015 — 9:32 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Isparmo SEO
%d bloggers like this: