Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Dunia online atau internet di Indonesia yang terus berkembang, dibuktikan dengan terus bertambahnya pengguna internet dari tahun ke tahun menciptakan peluang pasar yang sangat besar. Menurut APJII (Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2012 sebesar 63 juta. APJII mempredisksikan pengguna internet tahun 2015 melonjak menjadi 139 juta. Untuk kepentingan bisnis ini adalah data yang sangat positif. Calon konsumen yang sedemikian banyak menciptakan peluang yang besar untuk bisnis apa saja.

Contoh bisnis online yang sudah mulai menjamur saat ini : online shop (fashion, jilbab, busana muslim, baju anak, tas dll), afiliasi (amazon, clickbank dll), PPC (Pay Per Click : Google Adsense dll)

Untuk memulai bisnis online, kita tidak harus menggunakan cara-cara yang rumit dan susah, kita bisa memulai bisnis online tanpa modal (atau gratisan). Hanya dengan modal handphone yang berinternet kita sudah bisa memulainya.

Langkah-langkah memulai bisnis online (jualan melalui internet) tanpa modal sebagai berikut :

bisnis online menguntungkan tanpa modal

1. Mencari Ide Bisnis Online (jualan melalui internet)

Pertama, gali potensi diri, siapa tahu kita memiliki kemampuan yang bisa dijual, misalnya : kemampuan elektronika, maka kita bisa buka bengkel elektronik yang kita publikasikan melalui internet. Jika kita mempunyai kemampuan mengajar, maka kita bisa membuka jasa private, pelatihan, seminar, workshop dll.

Kedua, jika kita hendak jualan barang, carilah produsen disekitar tempat Anda tinggal, atau distributor barang, atau yang paling mudah pergilah ke pasar, misalnya pasar pusat penjualan pakaian (contohnya Pasar Tanah Abang dik Jakarta), temui penjualnya dan ajak kerja sama untuk membantu menjualkan barang dagangannya.

Cara mencari ide jualan online selengkapnya bisa di baca di >>  http://isparmo.web.id/2014/03/13/mencari-ide-jualan-online/

2. Mulai Promo dan Menjual (proses marketing)

Cara promosi barang dagangan yang paling simpel menggunakan handpone berinternet adalah menggunakan : WhatsApp (WA) dan Black Berry Messenger (BBM). Lakukan update status yang menarik calon pembeli dan lakukan broadcasting (penyebaran pesan masal) berupa informasi yang bermanfaat disertai dengan promo jualan dibagian akhirnya.

Cara promo atau menjual online yang berikutnya bisa menggunakan social media : Facebook, Instagram, Pinterest dll

Kita juga bisa memanfaatkan Market Place untuk jualan/bisnis online. Contohnya : Indonetwork, Zalora, Lazada, rumah123 (properti) dll. Kita tinggal mendaftar gratis dan mengupload informasi barang yang kita tawarkan di website marketplace tersebut.

Selanjutnya kita bisa juga berjualan online menggunakan website, yang gratisan maupun berbayar. Website / blog gratisa bisa menggunakan Blogspot, WordPress, Blogdetik dll. Agar website mudah ditemukan oleh calon konsumen maka website tersebut harus dioptimasi (SEO) agar masuk halaman 1 Google.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini bisa dibaca dan didownload di :

www.scribd.com/doc/265167243/Memulai-Bisnis-Online-Tanpa-Modal

http://www.slideshare.net/isparmo/memulai-bisnis-online-gratisan

Updated: May 13, 2015 — 4:03 pm