Belajar SEO Blogspot dan WordPress com

Blogspot atau Blogger adalah layanan blog atau website gratis milik Google. Untuk menikmati layanan Blogspot ini, kita harus mempunyai akun email Gmail. Cara membuatnya adalah dengan mengakses www.blogger.com. Sedangkan WordPress.com adalah layanan blog gratis dari Automattic. Kedua layanan blog gratis ini sama-sama bisa dioptimasi menggunakan teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization) agar masuk di halaman 1 Google.

belajar seo blogspot dan belajar seo wordpress

Belajar SEO untuk Blogspot dan WordPress, prinsipnya sama saja belajar SEO website pada umumnya yaitu menggunakan 4 langkah sederhana SEO, yaitu R.O.L.E. Penjelasan dari 4 ROLE seo adalah :

R : Research (Riset Kata Kunci)

Adalah melakukan pencarian informasi kata kunci atau keyword apa saja yang dicari oleh pengguna  internet dengan menggunakan mesin pencari (search engine) terutama Google. Tujuannya adalah mencari bahan isi / konten website yang disenangi oleh calon pengunjung atau konsumen di internet. Cara melakukan riset keyword adalah menggunakan : Google Suggestion, Related Search, Google Keyword Planner, Google Trends

O : Onpage SEO

Adalah memasukkan keyword / kata kunci ke dalam bagian-bagian atau komponen website seperti : alamat website, judul web, deskripsi web, metatag, judul artikel, isi artikel. Tujuannya adalah agar isi website / blog sesuai dengan kebutuhan calon pengunjung atau konsumen di online / internet.

L : Link Building atau Backlink

Adalah menyebarkan alamat website ke website atau saran online line. Kita bisa melakukan backlink secara manual atau menggunakan software (auto bot backlink). Dalam link building ini dibutuhkan penguasaan terhadap teknik Footprint SEO dan analisa kompetitor. Sampai saat ini, backlink merupakan faktor yang paling menentukan pada seo, sehingga ada isitilah “Backlink is King, Content is Queen”

E : Evaluation

Adalah mengevaluasi penerapan seo. Tujuannya adalah mengukur keberhasilan seo. Apakah keyword yang dibidik untuk masuk halaman 1 Google sudah berhasil masuk atau belum. Juga untuk mengetahui Backlink apa saja (yang telah di tanam) yang diakui Google. Perangkat yang digunakan untuk mengevaluasi adalah Google Webmaster Tools, Google.com, Google.co.id atau Google yang lain, dan software-software pemantau rangking seperti Free Monitor For Google.

Untuk membahas satu persatu point R.O.L.E di atas tentu tidak cukup dituangkan dalam sebuah posting, bisa jadi harus dibuat ebook SEO yang lengkap, atau mengikuti pelatihan SEO minimal seharian penuh. Jika Anda ingin mengikuti pelatihan seo bersama saya, silahkan kontak saya, Hp/WA 0812 108 3060.

Pelatihan SEO yang saya adakan terbagi atas 3 level :

Pelatihan SEO untuk pemula / Basic, Pelatihan SEO Advance : Mastering Backlink dan Pelatihan SEO Expert : Mastering Software Backlink. Pelatihan SEO akan diadakan di seluruh Indonesia, di Jakarta, Jogja, Tangerang, Surabaya, Semarang, Bali, Medan, Lampung, Balikpapan, Samarinda dll.

Jadwal pelatihan SEO dan Internet Marketing silahkan kunjungi http://isparmo.web.id/info-pelatihan/

Updated: February 11, 2015 — 1:37 pm