Cara Terbebas dari Efek Google Panda 4.0

Setelah Google melakukan update algoritma perangkingan di SERP, yaitu Panda 4.0, pada bulan Mei 2014 yang lalu banyak website yang hilang dari halaman 1 Goolge. Akibatnya jumlah pengunjung atau traffic menurun drastis. Setelah saya amati pada web jualan saya, terutama web-web pendukung (dummy) hal ini terjadi karena :

1. Terlalu sedikitnya jumlah konten

2. Terlalu pendeknya artikel

3. Backlink berasal dari website yang tidak relevan atau tidak seniche (se tema)

Cara terbebas dari pengaruh Google Panda 4

Berikut cara agar terbebas dari efek Google Panda 4.0 :

1. Perbanyak konten

Terutama artikel atau posting. Bisa juga ditambahkan Page baru. Sebab konten bukan hanya artikel, tetapi juga Page, Category dan Tag (pada WordPress), Image atau Gambar pada artikel dan lain-lain. Jangan sampai konten yang terindex Google hanya ada 2. Jika perlu, buatlah artikel setiap hari. Cara cek jumlah konten yang terindex Google adalah dengan search Google perintah :

site:alamatwebsite

misalnya, site:isparmo.web.id

2. Buatlah artikel dengan jumlah kata minimal 500.

Walaupun ini tidak mutlak, sebab ada website yang bisa menduduli halaman 1 hanya dengan beberapa kalimat, tetapi Google lebih menyenangi konten atau artikel yang panjang. Dan ingat, artikel tidak boleh copy paste persis. Harus dilakukan modifikasi jika hendak mengambil artikel lain yang sama.

3. Lakukanlah backlink dari web yang se niche

Agar lebih aman, buatlah minimal 5 dummy web yang se niche dengan web utama. Kemudian naikkanlah Page Authority (PA) web dummy ini dengan menggunakan backlink dari tipe web 2.0 dan tipe Wiki atau Article. Hentikan sementara ini backlink langsung ke web utama, apalagi jika menggunakan Automatic Backlink Tools. Gunakanlah, misalnya GSA SER ke web dummy.

Semoga cara ini bisa mengembalikan lagi website kita ke pejwan sehingga jumlah pengunjungnya meningkat.

Updated: June 6, 2014 — 11:17 am