Cara Aman Ber Facebook an

Beberapa kali mendapat keluhan dari Friends Facebook bahwa akun FB nya di hack atau dibajak, sehingga sipembajak bisa seenaknya update wall, melakukan penipuan, memposting hal-hal yang menjatuhkan pemilik akun, atau sekedar promo jualan. Tapi yang jelas pemilik akun yang asli akan sangat dirugikan dari pembajakan ini.

Pembajakan akun FB ini bisa terjadi karena lupa Sign Out saat menggunakan FB di warnet atau komputer publik lainnya. Atau bisa terjadi karena user dan passwordnya diketahui oleh orang lain.

facebook dibajak

Agar aman ber Facebook an, maka ikuti cara-cara berikut :

1. Selalu melakukann Sign Out (keluar) jika meninggalkan komputer yang terhubung dengan internet

2. Hindari membuka Facebook di warnet, karena sangat rawan pembajakan akun

Sebab di komputer warnet bisa dipasangi virus keystroker, yang dapat merekam semua aktifitas pengetikan keyboard dan mouse. Bahkan ada keyboard yang khusus bisa merekam semua aktivitas pengetikan.

3. Jangan mengikuti ajakan di wall (autotag, notifikasi, mention) berupa :

Ingin tahu siapa saja yang telah melihat profile Facebook kita ?

Aplikasi pengintip Profile kita

Sekarang aku sudah tahu cara melihat password Facebook teman kita. Mau tahu caranya ?

Begini cara BBM an di Facebook

Ini biasanya berupa ajakan untuk mengikuti langkah-langkah yang berisi meng copy sebauh script untuk dijalankan di internet browser. Ini sangat beresiko terhadap keamanan akun Facebook.

Baca selengkapnya mengenai virus Autotag di Facebook di sini

4. Jika Facebook an menggunakan Smart Phone (handphone), maka berikanlah pengamanan berupa password atau sejenisnya pada smart phone tersebut.

Ini untuk mengantisipasi jika smart phone tersebut hilang dan jatuh ketangan orang jahat, maka dia akan kesulitan menggunakannya.

5. Saat Sign In (masuk) ke dalam Facebook, gunakan username berupa alamat facebook, bukan email asli saat kita mendaftar facebook. Contoh emailnya : nama@facebook.com

Semoga bermanfaat

Updated: May 16, 2014 — 2:38 pm