Mengoptimasi Google Calendar Sebagai Media Informasi

Ternyata informasi yang ada pada Google Calendar bisa terindex di Google SERP (halaman pencarian Google). Perhatikan contoh berikut :

google calendar pelatihan internet marketing 

Google Calendar ini bisa kita manfaatkan untuk membuat informasi jadwal pelatihan, atau jadwal rapat/meeting. Kelebihannya, saat kita membuat jadwal pada Google Calendar ini, maka siapapun yang mendaftar / subscribe akan ada peringatan/reminder sebelum pelaksanaan hari H. 

Kalau diklik, maka akan terbuka halaman Kalender seperti ini :

Optimasi Google Calendar

Memang saat ini informasi yang ada pada Google Calendar belum bisa langsung berada pada posisi halamn 1 Google, tapi jika mau diberi Backlink, maka posisinya bisa naik ke halaman 1. Karena perlakuan optimasi (seo) Google Calendar sama dengan yang lain, tetap berlaku Onpage dan Offpage SEO.

Kelebihan lain dari Google Calendar adalah bisa di Embed (dipasang / ditempel) ke website dibagian Sidebar atau dibuatkan Page khusus, sehingga pengunjung web bisa langsung melihat informasi atau jadwal yang ada pada kalender tersebut.

Optimasi Google Calendar di website

Optimasi (seo) yang diterapkan pada Google Calendar ini adalah penggunaan Keyword pada judul Calendar yang dibuat. Selanjutnya silahkan lakukan backlink jika mau berada di halaman 1 Google.

Updated: May 8, 2014 — 9:33 am