Apa Yang Dimaksud IP Class C dan Mitosnya dalam SEO

Saat membicarakan Backlink dalam dunia SEO ada mitos atau pendapat bahwa jika kita mendapat Backlink dari website yang mempunyai IP (Internet Protocol) Class C maka pengaruhnya lebih baik dibandingkan dengan Backlink dari IP Class lain (Class A, B, D, E).

Jika memang Backlink dari website atau domain yang menggunakan IP Class C ini pengaruhnya lebih baik, maka ada 2 hal yang harus dilakukan :

1. Mengetahui apa itu IP Class C

2. Bagaimana cara menguji Class IP dari sumber Backlink

Mari kita bahas satu persatu :

1. Apa itu IP Class C ?

IP Class C adalah IP yang mempunyai rentang 192.0.0.0 – 223.255.255.255. Website atau domain yang menggunakan IP Class C ini biasanya berada pada Dedicated Server Hosting, bukan Shared Hosting.

Untuk memudahkan, pembagian Class IP ini, perhatikan tabel berikut :

Apa itu IP Class C

2. Bagaimana cara menguji Class IP dari suatu domain atau sumber Backlink

Caranya adalah menggunakan layanan-layanan sebagai berikut :

a. Cek Class IP menggunakan http://www.authoritydomains.com/bulk-ip-checker.php

Cara cek IP Class C

Dari hasil cek IP tersebut diketahui bahwa untuk domain isparmo.com IP nya : 216.239.32.21, dan ini adalah IP Class C. Jika kita bisa mendapatkan informasi di mana server hosting dari isparmo.com berada maka bisa diambil kesimpulan darimana mendapatkan IP Class C tersebut.

b. Cek Class IP menggunakan http://www.ahrefs.com

Ahrefs.com adalah layanan Online untuk melakukan analisa Backlink. Kita bisa mendapatkan data backlink kompetitor yang posisinya sudah di halaman 1 Google menggunakan Ahref ini. Jika data sudah kita dapatkan, selanjutnya adalah tinggal meniru data backlink tersebut. Ahrefs ini juga memberikan data IP dari sumber backlink yang dianalisa.

Cek Class IP mengunakan Ahrefs

Hasil cek IP Class C Ahrefs

Contoh hasil analisa backlink menggunakan Ahrefs.com Profesional untuk mengetahui IP Class C :

Hasil IP Class C sumber backlink 

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah benar mitos bahwa backlink dari IP Class C ini berpengaruh lebih baik dari backlink dari IP Class yang lain ? Jawabannya : Pengalamanlah guru yang terbaik.

Updated: April 30, 2014 — 10:21 am