Cara Mendapatkan Sumber Backlink : Menganalisa Kompetitor Menggunakan Ahrefs.com

Secara sederhana SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari (teknik supaya website bisa di halaman 1 Google) bisa dibagi menjadi 4 langkah, yang biasa saya singkat menjadi R O L E :

R : Research, Riset kata kunci atau Keyword

O : Onpage Optimization, Optimasi Internal

L : Link Building, melakukan Backlink

E : Evaluation, Evaluasi

SEO Research Onpage Link building Evaluation

Yang akan kita bicarakan saat ini adalah mengenai Link Buliding, yaitu bagaimana mendapatkan sumber backlink menggunakan Ahrefs.com

Ahrefs.com adalah salah satu website yang menyediakan jasa analisa backlink. Mari kita lihat penampakannya :

analisa backlink seo ahrefs

Dengan menggunakan Ahrefs ini, kita bisa mendapatkan data sumber backlink dari website lain, terutama data backlink milik kompetitor yang telah berada di halaman 1 Google, urutan 1. Karena telah terbukti backlink yang digunakan bisa menempatkannya di posisi terbaik.

Contoh, misalnya website www.isparmo.web.id adalah kompetitor utama Anda, dengan memasukkan ke dalam Ahrefs.com maka akan didapat informasi sebagai berikut :

analisa backlink ahrefs 

Untuk mendapatkan data backlink, klik menu EXTERNAL

data backlink isparmo-web-id

Ada sekitar 18.140 backlink, dengan beberapa komposisi yang menarik, Govermental (.gov) : 52, Educational (.edu) : 195. Siapa yang tidak mau backlink .gov dan .edu yang dianggap bakclink high authority ?

Ketika kita lihat tabel data backlink, ternyata hanya sampai urutan 10 saja, urutan 1 – 10 itupun hanya direferensikan hanya dari 1 domain, yaitu www.isparmo.com. Sedangkan data backlink urutan 11 ke atas tidak ada, dan terdapat tulisan : Data only available for subcribed users. Upgrade now! Itu artinya, untuk melihat dan mendapatkan data backlink lain, kita harus menggunakan versi berbayar. Berapakah biayanya ? Mari kita cek di menu PLAN and PRICING :

biaya analisa backlink ahrefs profesional

Yang paling murah dari Ahrefs.com adalah USD 79 per bulan, ingat PER BULAN, bukan sekali bayar. USD 79 dengan kurs Rp 11.400  = lebih dari Rp 900.000. Mahal sekali ? Betul. Untuk mendapatkan data backlink lengkap seperti di bawah ini Anda harus membayar Rp 900.000 per bulan ?

data analisa backlink ahrefs

Anda tidak perlu mengeluarkan Rp 900.000 per bulan hanya untuk mendapatakan data backlink kompetitor Anda. Hanya dengan Rp 100.000 maka Anda sudah bisa mendapatkan data backlink dari 3 domain atau URL yang mana saja. Data backlink akan di export dalam bentuk file Excel.

Jika Anda berminat silahkan kontak saya :

ISPARMO

Call/Sms/WA : 0812 108 3060

www.facebook.com/isparmo

Updated: March 26, 2014 — 3:55 pm