Memantau Aktivitas Gunung Berapi Secara Online

Indonesia adalah salh satu negara yang memiliki Gunung Berapi Aktif yang cukup banyak. Hingga tahun 2012, Indonesia memiliki 127 gunung berapi aktif dengan kurang lebih 5 juta penduduk yang berdiam di sekitarnya. Sejak 26 Desember 2004, setelah gempa besar dan tsunami terjadi, semua pola letusan gunung berapi berubah, misalnya Gunung Sinabung, yang terakhir kali meletus pada 1600-an, tetapi tiba-tiba aktif kembali pada tahun 2010 dan meletus pada 2013. Baru saja, di bulan Februari 2014 Gunung Kelud di Jawa Timur juga meletus, abunya terbang sampai Bandung.

bahaya gunung berapi

image credit by USGS




Saat ini beberapa gunung berapi di Indonesia meningkat aktifitasnya, seperti Gunung Slamet di Purwokerto Jawa Tengah, yang statusnya naik dari normal ke Waspada (level II). Di negara kita, Indonesia, badan resmi pemerintah yang memantau aktivitas gunung berapi adalah Badan Geologi di bawah kementrian ESDM. Kita bisa turut memantau aktifitas gunung berapi secara online dengan mengunjungi website :

http://www.vsi.esdm.go.id/

Lihat di bagian sidebar sebelah kanan, akan didapatkan kondisi / aktivitas gunung berapi di indonesia yang meningkat di atas normal.

BACA JUGA :  Kecanduan FACEBOOK. Berbahayakah ?

memantau aktifitas gunung berapi

Kita juga bisa memantau aktivitas gunung berapi yang ada di seluruh dunia dengan mengunjungi website Smithsonian Institution >>

http://volcano.si.edu/reports_weekly.cfm

volcano activity report

memantau aktifitas gunung berapi secara online

Semoga bermanfaat

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: April 12, 2016 — 4:18 pm
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: