Mengapa Update Posting atau Artikel, Lama Terindex Google

Adalah hal yang tidak menyenangkan kita melakukan update atau menulis posting baru di blog, Google lama meng-index nya. Lama ini biasanya diukur lebih dari 24 jam. Posting yang lama terindex akan menyebabkan rangking pencarian (SERP) menjadi susah naik ke urutan yang lebih baik, walupun diberi backlink secara masal dan non stop 24 jam. Ini terjadi karena Google menyukai Fresh Content, yang menjadi salah satu faktor penting dalam SEO (Search Engine Optimization). Semakin sering suatu website atau blog mengupdate kontennya maka, semakin mudah masuk halaman 1 pencarian Google.

Mengapa posting lama terindex Google

Lalu mengapa update posting atau artikel baru membutuhkan waktu lama untuk terindex Google ? Hal tersebut terjadi karena kita tidak rutin melakukan update konten. Misalnya, kita hanya 1 bulan sekali menulis artikel atau posting baru. Seharusnya minimal update posting adalah 1 minggu sekali. Idealnya adalah 1 minggu 2-3 kali mengupdate konten. Kerutinan ini akan memancing Google Bot untuk sering mengunjungi website atau blog kita.

Selain update konten atau artikel secara rutin, cara lain agar mudah terindex Google adalah menggunakan fasiltas yang ada pada Google Webmaster Tools bernama : Fetch As Google Bot atau Ambil sebagai Google.

mempercepat indexing Google

Cara berikutnya adalah dengan men sharing URL update posting yang belum terindex tersebut ke Google Plus dan Social Media lain seperti Facebook dan Twitter.

Penggunaan Indexer atau Pinger juga bisa membantu mempercepat terindexnya konten website. Indexer yang berupa tools bisa menggunakan Ping Sudio (download gratis) atau GSA SEO Indexer (berbayar). Atau mengguankan layanan Online seperti yang ada pada Quickbacklink.

online indexer

Semoga bermanfaat. 

Updated: March 12, 2014 — 9:50 am