Hati-hati Email Bervirus Mengatasnamakan NORTON Mail Scan

Pagi ini saya mendapat email peringatan yang mengatasnamakan dari NORTON, yang mengatakan bahwa email saya mengirimkan virus dan akan segera dimatikan. Email Norton ini memerintahkan saya untuk melakukan SCANING melalui Online. Berikut screenshot lengkap dari email tersebut :

email-bervirus-2

Ketika saya klik kanan tulisan Click here now to scan…… maka link tersebut mengarah ke web nortonmailscans,com tetapi saat saya kunjungi ternyata webnya tidak aktif :

email-bervirus-1

Karena saya curiga dengan email ini maka saya lakukan scanning link tersebut menggunakan layanan VIRUSTOTAL.com secara Online, dengan hasil ada indikasi bahwa link URL tersebut di atas merupakan PHISING SITE, yang artinya website tipuan yang digunakan untuk mencuri informasi.

email-bervirus-3

Pelajaran yang bisa diambil dari kasus email bervirus ini :

  1. Adalah mencurigakan ketika ada layanan luar yang mengatakan bisa mematikan layanan email yang kita pakai, padahal layanan tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan layanan email kita.
  2. Walaupun pengirim email mengatasnamakan sebuah lembaga resmi (dalam kasus ini mengatasnamakan NORTON), namun jika memerintahkan kepada hal-hal yang mencurigakan maka kita harus melakukan tindakana pencegahan. Hal-hal mencurigakan itu misalnya : meminta mengklik sebuah link atau URL, mengirimkan email berisi attachment yang harus dibuka, meminta data email, alamat dan no telp dll
  3. Sedangkan tindakan pencegahan sebelum kita mengklik link atau URL, atau membuka File, adalah melakukan scanning menggunakan layanan VIRUSTOTAL.com. VirusTotal adalah sebuah layanan scanning terhadap URL dan FILE untuk menganalisa apakah mengandung semacam virus atau tidak. Dan VirusTotal ini adalah anak perusahaan dari Google, sehingga cukup terpercaya.

Semoga kita bisa mencegah tersebarnya virus dengan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat

Updated: February 4, 2014 — 1:10 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: