Strategi SEO Bertahan Di Era Google Panda Penguin atau Semacamnya

Saat ini Google sedang rajin update Algoritma perangkingan posisi suatu web di SERP (Search Engine Result Page) yang dijuluki Google Penguin (dahulu disebut Google Panda). Banyak yang mengeluhkan web nya terpental ke posisi entah berantah, atau mengeluhkan visitornya menurun drastis. Hal ini sekarang menjadi masalah klasik bagi para webmaster atau pemilik website.

Strategi bertahan di Era Panda dan Penguin ini saya dapatkan dari pengalaman saya mengikuti Kontes SEO Acer Iconia 2013. Mengapa demikian, sebab posisi URL web saya tetap bisa bertahan di urutan 1 sampai sekarang, walaupun Google mengupdate algoritma. Padahal aktifitas backlink yang saya lakukan cukup massive waktu itu (BL sempat mencapai lebih dari 200.000 dalam waktu 4 bulan).

Bebrapa cara agar posisi website kita bisa bertahan di Google SERP adalah :

1. Lakukan backlink menggunakan Anchor Text (keyword) yang beragam

Berikut contoh keragaman Anchor Text tersebut :

Anchor text yang beragam

2. Lakukan backlink menggunakan banyak tipe

Tidak boleh hanya menggunakan 1 tipe, misalnya Web Commenting saja. Tapi gunakan juga backlink dari Social Bookmark, Redirect Gov, WhoIs (Web Info), ChatBox dll.

contoh BL beragam

3. Jangan melakukan massive backlink (menggunakan Automatic Tools) pada website yang usia domain nya kurang dari 6 bulan

Demikian tips sederhana agar bisa bertahan di Google Serp.

Semoga bermanfaat.

Updated: November 11, 2013 — 11:12 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: