Pentingnya Proxy dalam Aktifitas SEO (Optimasi Offpage)

Proxy adalah IP (Internet Protocol) masking atau topeng yang berfungsi untuk menyembunyikan IP internet provider kita yang sebenarnya. Dalam proses optimasi (SEO, Search Engine Optimization), IP harus digunakan dalam teknik Offpage SEO / membangun backlink. Terutama pada saat melakukan Scrapping (pencarian sumber backlink). Sebab saat melakukan scraping (misalnya menggunakan Firefox + SeoQuake) kita akan mengumpulkan informasi berupa alamat-alamat website beserta nilai Page Rank nya. Jika kita hanya menggunakan 1 IP asli untuk melakukan scraping berulang-ulang maka akan muncul seperti screen shot dibawah ini :

efek scraping backlink tanpa proxy

Google mendeteksi aktifitas scraping kita sebagai lalu lintas data yang tidak wajar karena berulang-ulang dalam tempo yang singkat. Itu masih mending, karena kalau sudah dianggap terlalu berlebihan, Google akan melakukan block IP kita, sehingga kita tidak bisa lagi melakukan scraping dalam waktu tertentu (beberapa jam). Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa kita butuh Proxy untuk melakukan Scraping.

Untuk mendapatkan proxy ada 2 cara, yaitu free (gratis) dan paid (berbayar).

Free Proxy (atau bisa disebut juga Public Proxy) bisa didapat dengan cara search menggunakan Google dengan keyword : free proxy list, misalnya kita bisa mendapatkannya di http://www.hidemyass.com/proxy-list/

free prosy list

Kelemahan dari penggunaan Free Proxy adalah umurnya yang pendek. Dalam waktu singkat proxy sudah tidak bisa dipakai lagi atau koneksi dan kecepatannya yang rendah, sehingga memperlambat proses scraping. Sehingga disarankan menggunakan Paid Proxy (biasa disebut Private Proxy) dengan biaya USD 10 per bulan untuk 10 Private Proxy. Keuntungan menggunakan Private Proxy adalah selalu bisa dipakai (live / working), speed dan koneksi cepat.

free-private-proxy Private proxy bisa dibeli di http://cheapprivateproxies.org

Semoga bermanfaat

Updated: July 15, 2013 — 2:38 pm