Hati-hati Handphone di Forward ke Nomor Asing

Beberapa hari lalu saya dapat info dari rekan bahwa hati-hati handphone sekarang rawan disadap. Coba cek dengan cara call *#61# (bintang pagar 61 pagar). Saya lakukan yang disarankan rekan tersebut, dan kemudian di layar muncul notifikasi :

Call forwarding Voice: +62811****** after 20 seconds

kejahatan call forwarding penyadapan

Mengerankan sekali karena :

1. Saya tidak mengenal no hp tersebut.

2. Saya tidak pernah melakukan setting call forwarding ke nomor hp manapun.

Yang jadi pertanyaan adalah :

1. Bagaimana pelaku melakukan perubahan setting call forward tanpa harus menyentuh hp ?

2. Ada maksud jahat apa ?

Mengetahui kejanggalan ini, saya segera melakukan perubahan pada setting call forwarding hp. Awalnya saya coba hapus no asing tersebut, tetapi tidak bisa, hanya bisa diganti, maka saya ganti dengan no hp saya yang lain.

Maka muncul hipotesa saya atas kejadian ini, untuk menjawab 2 pertanyaan di atas :

1. Pelaku melakukan perubahan call fowarding dengan menggunakan script atau program jahat yang dikirimkan melalui sms. Agar tidak mencurigakan, pelaku mengatasnamakan pengirim sebagai no layanan khusus provider berkaitan yang dipakai korban, misalnya 5115. Lalu sms tersebut meminta konfirmasi atau jawaban berupa : ya, tidak, atau yang lainnya dan minta direply. Saat korban melakukan reply atau mengirim jawab inilah, script atau program jahat langsung dieksekusi. Maka tanpa diketahui berubahlah setting call forwarding di hp korban.

2. Tujuan jahatnya bisa jadi berkaitan dengan bisnis. Sebab saya orang biasa saja, bukan tokoh politik, bukan anggota dewan perwakilan rakyat, atau posisi penting lainnya. Maksud dari call forwarding ini adalah, saat saya tidak mengangkat telp, atau signal sedang buruk, maka secara otomatis jika ada yang menelepon akan di teruskan ke no pelaku. Jika yang menelepon adalah calon klien bisnis maka pelaku bisa langsung menyerobot transaksi yang akan terjadi.

Pelajaran  yang bisa diambil dari peristiwa ini adalah :

1. Selalu lakukan cek secara rutin handphone, terutama smartphone, cek pada bagian setting, amati apakah ada perubahan yang janggal

2. Jangan pernah menjawab sms meminta konfirmasi, atau meminta pulsa, walaupun pengirimnya dari no yang mengatasnamakan no provider (bukan no hanphone biasa)

Semoga bermanfaat.  

Updated: February 4, 2013 — 10:31 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Isparmo SEO
%d bloggers like this: