Agar Website Cepat Terindex Google

Bagi pemilik website baru memerlukan beberapa hari agar website nya tersebut bisa terindex Google. Cara untuk cek apakah website sudah terindex Google adalah dengan cara :

1. Buka Google

2. Pada kolom pencarian Google, ketik >> site:alamat_website. Misalnya, site:www.isparmo.web.id

terindex-isparmo-com

Jika muncul seperti gambar di atas berarti website tersebut telah terindex pada Google. Sedangkan jika munculnya seperti gambar di bawah ini, berarti belum terindex.

belum-terindex-isparmo-netBelum terindex mempunyai 3 kemungkinan, pertama website tersebut memang belum ada, atau salah tulis. Kedua, website tersebut benar-benar baru dibuat, misanya baru 3 hari yang lalu dibuat, sehingga Google Bot belum merayapi website tersebut. Ketiga, ada masalah indexing oleh Goolge, misalnya karena salah konfigurasi robots.txt.

Terutama untuk website baru dibuat, ada trik agar website tersebut bisa cepat terindex. Waktu tercepat suatu website terindex oleh Google, menggunakan trik ini adalah 1 x 24 jam.  Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Website tersebut harus sudah didaftar pada Google Webmaster Tools

Jika Anda menggunakan Blogspot maka secara otomatis terdaftar pada Google Webmaster Tools (GWT). Untuk website tipe lain, cara mendaftarnya tidak dijelaskan di sini. Silahkan searching menggunakan Google.

2. Pada dashboard GWT, klik menu HEALTH –> Fetch as Google –> klik tombol Fetch. Tunggu beberapa saat sampai Fetch Status : Success

indexing-Google

3. Klik Submit to Index. Pada windows Submit URL to index, pilih URL, lalu klik OK

4. Akan keluar notifikasi : Your request has been received and will be processed shortly.

Semoga bermanfaat.

Updated: April 5, 2017 — 11:33 am