Berbahayakan Melakukan Backlink Menggunakan Software ?

Salah satu teknik optimasi (SEO) yang harus dilakukan adalah melakukan backlink (Offpage SEO). Backlink ini bisa dilakukan dengan cara manual seperti memberikan komentar pada website/blog, submit ke social bookmark, submit ke directory, membuat profile pada forum dan microblogging dll, maupun dilakukan otomatis menggunakan software seperti : SENuke, ScapeBox, GSA SER, No Hand SEO dll.

backlink Setelah Google meluncurkan update algoritm peng-index-an nya (Panda dan Pinguin), yang mempengaruhi rangking pencarian (SERP – Search Engine Result Page), maka banyak website yang terdepak dari halaman 1 Google karena melakukan backlink ke website-website yang dianggap spam, apalagi jika dilakukan menggunakan software backlink (teknik ini disebut juga BlackHat SEO). Hal ini tentu berbahaya karena bisa mendepak rangking pencarian  dari posisi terbaik.

Dengan update algoritm tersebut, sekarang para praktisi SEO lebih berhati-hati dalam melakukan backlink. Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam melakukan backlink setelah Google Panda dan Pinguin ini adalah :

1. Backlink dilakukan dengan cara manual

2. Selektiflah dalam memilih website yang akan dijadikan backlink, hindari backlink dari website spam seperti web dengan jumlah link keluar yang sangat banyak (perhalaman lebih dari 50 link out)

3. Hindari backlink dari website-website pornografi

4. Jika akan menggunakan software, lakukan backlink pada dummy blog/web, bukan langsung ke website utama

Semoga bermanfaat

Updated: January 3, 2013 — 11:06 am