Pelajara SEO dari Perbedaan Hasil Pencarian Google.com dan Google.co.id

Mari kita perhatikan screenshot halaman hasil pencarian (SERP) Google.com dan Google.co.id berikut ini :

Google.com SERP - jual geotextile

Google.co.id SERP - jual geotextile

Perhatikan kedua screen shot di atas,

Pada hasil pencarian dengan keyword : jual geotextile, menggunakan Google.com, website yang berbasis bahasa Inggris seperti Youtube, mudah masuk ke halaman 1. Contoh kasus lain menggunakan keyword : pembicara internet marketing, menggunakan Google.com, website-website seperti 4shared, Slideshare dan Twitter juga mudah masuk halaman 1 Google. Sedangkan pada hasil pencarian Google.co.id, yang masuk halaman 1 adalah website-website yang berbasis bahasa Indonesia. Yang menarik pada SERP Google.co.id, fanpage Facebook tetap bertahan di halaman 1 walaupun berbeda rangking 1 atau 2 tingkat.

Dari fakta tersebut di atas bisa kita ambil pelajaran Optimasi (SEO) sebagai berikut  :

Memanfaatkan/menggunakan fasilitas-fasilitas online selain website/blog untuk melakukan promo barang dan jasa, seperti menggunakan :

  • Facebook Fanpage
  • Youtube
  • 4shared
  • Slideshare
  • Twitter dll

Terutama Fanpage Facebook, kita harus lebih fokus untuk SEO karena mudah muncul di SERP Google.com maupun Google.co.id

Semoga bermanfaat.

Updated: December 20, 2012 — 10:38 am