Meta Tag Analyzer

Meta Tag adalah salah satu komponen dalam teknik Optimasi (SEO) yang penting, sebab Meta Tag (description) ini akan muncul pada halaman pencarian (Google SERP). Perhatikan hasil pencarian berikut :

Meta Tag Analyzer

Dari hasil pencarian di atas (yang diberi kotak merah) adalah data dari Meta Tag, bukan deskripsi web. Silahkan cek fisik web atau blog http://jual-geotextile.blogspot.com apakah ada tertera kalimat yang persis sama dengan kalimat dalam kotak merah tersebut ? Tidak ada.

Hal ini menunjukkan bahwa Meta Tag sangat penting disisipkan dalam suatu website atau blog, terutama yang untuk bisnis online atau online marketing. Cara menyisipkannya ada 2 macam, yaitu :

1. Menggunakan Plugin, misalnya jika menggunakan WordPress yang hosting dan domain sendiri

2. Manual, dengan mengetikkan beberapa baris kode html di dalam website atau blog

Setelah kita menyisipkan Meta Tag ini, selanjutnya adalah melakukan cek atau analisa. Hal ini bisa bisa lakukan secara online menggunakan Meta Tag Analyzer yang ada di http://www.metachecker.net. Caranya sangat gampang, kunjungi web metachecker.net tersebut, lakukan masukkan alamat website yang hendak di analisa, lalu tekan tombol check, dan tunggu beberapa saat hasilnya.

Metachecker.net ini tidak hanya menganalisa Meta Tag tetapi juga

  • Web server status
  • Ukuran (size) dan waktu loading
  • Analisa keyword

Berikut adalah contoh hasil analisa / cek Meta Tag :

Meta Tag Analyzer 2

Semoga bermanfaat

Updated: October 25, 2012 — 1:31 pm