Penipuan Dengan Modus Transaksi Pembayaran dan Cek Saldo ATM

Sebenarnya penipuan dengan modus transaksi pembayaran melalui transfer dan cek saldo ATM,  bukanlah hal baru, tetapi karena saya mengalami sendiri kemarin, hari Kamis, maka jadi sesuatu yang menarik untuk saya ceritakan kepada pembaca sekalian.

Penipuan melalui ATM

Modusnya adalah menguras (mungkin menggunakan hipnotis) ATM kita dengan berpura-pura membantu cek saldo setelah sebelumnya berkata kalau sudah melakukan transfer ke rekening kita.

Sehari sebelumnya, Rabu, ada seseorang, anggap saja namanya si X, menelepon ke HP. Katanya mau membeli Kopiluwak ke saya, dengan menggunakan no hp 0812 1530 3xxx. Saya tidak curiga sama sekali, karena orangnya sopan dan mengucapkan salam. Dia bilang akan membeli sekian kilo. Kalau di hitung jumlah yang harus dibayar Rp16juta. Singkat cerita keesokan harinya, Kamis, dia minta nomor rekening Mandiri untuk melakukan transfer sebesar Rp16juta tersebut. Saya mulai agak curiga, sebab orang baru kenal, tidak meminta keterangan apapun, kok berani mau transfer ke rekening orang lain.

Setelah beberapa jam, sore hari dia menelepon bilang bahwa sudah transfer sebesar Rp16juta dengan mencairkan Giro. Tapi saya belum mendapat notifikasi dari Mandiri melalui sms. Saya bilang uang belum masuk, sudah saya cek menggunakan i-banking. Kata dia, harus di cek menggunakan ATM karena dikirm menggunakan Giro. Aneh. Saya bertambah curiga. Saya bilang ke si X ini, oke kita tunggu 2 jam lagi mungkin karena RTGS antar bank. Dia minta untuk di cek lagi melalui ATM. Saya bilang oke 2 jam lagi saya cek ke ATM.

Menjelang magrib, si X ini menelepon kembali dengan beberapa pertanyaan yang semakin membuat curiga :

1. Menanyakan sudah dicek ke ATM belum, saya bilang sudah. Si X berkata : kok tidak telepon saya ? Lha ngapain harus telepon dia saat cek saldo di ATM.

2. Si X ini menanyakan jumlah saldo Mandiri saya. Ini sudah makin ngaco.

Dari kecurigaan-kecurigaan sebelumnya sebelumnya,langsung saya simpulkan, si X ini akan mencoba melakukan penipuan. Ya sudah, akan saya beri pelajaran. Saya bilang ke dia, 1 jam lagi saya akan cek melalui ATM.

Menjelang Isya, saya SMS dia kalau sudah saya cek di ATM dan uang belum masuk rekening. Kemudian si X ini menelepon saya dan menanyakan Bapak sedang di mana, saya bilang masih di ATM. Di bilang, oke saya cek dulu ke Mandiri Call. Kelihatannya dia membutuhkan waktu untuk pergi ke ATM Mandiri terdekat. Setelah kurang lebih 5 menit. Dia menelepon kembali dan meminta agar di cek lagi melalui ATM. Sambil menerima telpon dia, saya sudah siapkan HP lain untuk merekam pembicaraan telepon tersebut. Proses selanjutnya, saya pura-pura mengikuti perintahnya di mesin ATM, tetapi saat dia menanyakan ada menu saja di layar, ketahuanlah saya kalau sedang tidak di ATM, karena saya tidak hapal menu. Karena si X mulai tahu saya kerjain, dia mulai ngaco dengan bilang dia dipermainkan. Saya balik bentak saja, saya yang Anda permainkan, Anda mau coba menipu, menghipnotis ? Saya bilang juga ke dia, kalau pembicaraan tadi saya rekam. Lalu telepon putus karena ditutup oleh si X ini.

Pelajaran dari kejadian ini :

Hati-hati bagi para pelaku Online Bisnis yang malakukan transaksi melalui transfer. Kenalilah tanda-tanda mencurigakan dari orang yang akan mencoba menipu kita dengan menguras saldo kita melalui mesin ATM, yaitu :

1. Tanpa meminta keterangan lengkap, langsung akan melakukan transfer ke rekening kita

2. Mengharuskan cek saldo melalui ATM

3. Menanyakan jumlah saldo rekening kita

4. Mengharuskan saat cek saldo ada si penipu yang kontak melalui HP

Mohon maaf, rekaman pembicaraan saya dengan si X belum bisa saya upload ke blog ini, karena masih ada di memory card hp saya yang tidak ada koneksi Bluetooth nya. Insya Allah akan ditambahkan ke posting ini.

Semoga bermnfaat.

Updated: September 23, 2011 — 9:20 am

7 Comments

  1. Terima kasih pak, atas berbagi pengalamannya, bisa menjadikan kami selalu waspada dalam memulai bisnis onine ini

  2. BATIK TULIS ONLINE - Selamet Hariadi

    Ceritanya bermanfaat sekali pak… terima kasih banyak ya,,,

    salam OMg!

  3. Bapak / Ibu Taman Indah dan Batik Tulis Online – Selamet Hariadi,

    Semoga tidak ada korban-korban berikutnya dari para penipu. Maturnuwun sudah berkunjung.

  4. Boss, penipunya mungkin orangnya ngeyel dan tidak tahu ada sms notifikasi dari bank mandiri bila ada uang masuk lebih dari 1 jt.

  5. Trims..atas infonya..

  6. Budi Jual Kaligrafi Online

    Terima Kasih atas Infonya Pak IS ……

  7. Mas Maskur, dikira kita baru punya rekening kali…he he..he.

    Pak Nasir dan Pak Budi Jual Kaligrafi Online, semoga bermanfaat.

Comments are closed.