Hikmah Mudik

Hari Raya Idul Fitri 1432 H (2011 M) yang akan segera tiba telah memicu sebuah aktifitas rutin sebagian besar umat muslim Indonesia yaitu mempersiapkan diri untuk mudik atau pulang kampung. Mudik sebuah aktifitas yang mungkin hanya dilakukan setahun sekali tersebut telah menjadi fenomena unik di Indonesia. Bagaimana tidak, orang rela tidur di stasiun untuk sekedar antri tiket kereta api, rela berdesak-desakkan di kereta dan bis saat mudik nanti, rela bermacet-macet ria dan kepanasan menggunakan sepeda motor dengan jalur tempuh Jakarta menuju kota-kota di seluruh antero Jawa. Luar biasa semangat mudik ini. Lalu hikmah atau nilai apa sebenarnya yang terkandung di dalam mudik ini ?

mudik lebaran 2011

1. Mudik = Silaturahmi

Biasanya mudik itu pulang kampung bertemu dengan orang tua dan kerabat dekat lainnya. Tentu saja hal tersebut merupakan tali silaturahmi yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Apalagi silaturahmi dengan ke dua orang tua. Pasti orang tua sangat bahagia melihat anak-anaknya bisa berkumpul seperti dahulu lagi, walau cuma sesaat. Itulah salah satu bentuk kecil bakti anak kepada orang tuanya.

BACA JUGA :  Belajar Dari Melihat Kelabang

2. Mudik = Saling memaafkan = Sikap rendah hati mengakui kesalahan

Dalam tradisi mudik lebaran biasanya juga ada kebiasaan saling maaf-memaafkan. Ada yang bertanya, lha kita kan hampir tidak ketemu dalam setahun itu, mana ada kesalahan kita kepada orang lain? Kesalahan itu diciptakan tidak harus bertatap muka. Kesalahan kepada orang lain bisa terjadi dengan ngomongin kejelekkan orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan, ini disebut GHIBAH. Atau kesalahan juga bisa terjadi dari aktivitas komunikasi seperti melalui Social Media, SMS, posting website dll.

Sehingga tidak aneh lagi jika kita meminta maaf kepada semua orang, walaupun mungkin kita tidak mengenalnya.

3. Mudik = Refreshing

Mudik menjadi wahana untuk refreshing atau rekreasi bersama keluarga karena biasanya saat lebaran ini libur lebih panjang dan dilakukan secara massal. Rekreasi ini menjadi lebih berasa saat mudik menuju tempat yang benar-benar memiliki suasan yang berbeda dengan kahidupan sehari-hari seperti misalnya mudik ke daerah pedesaan

Demikian beberapa nilai atau manfaat positif mudik. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA :  Menikmati Replika Mini Bali di Turi Resort Beach Batam
Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: August 24, 2011 — 8:29 am

2 Comments

  1. Mudik = balik kampung juga menjadi tradisi kami warga malaysia apabila tiba idul-Fitri sehingga ada lagu khusus dicipta dan dinyanyikan oleh penyanyi terkenal berjudul BALIK KAMPUNG

     
  2. Wan Rozain, ada tradisi saling maaf-memaafkan juga kah di Malaysia ?

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: