Jangan Fokus pada PageRank

Seringkali PageRank dijadikan patokan bagi ukuran keberhasilan optimasi (SEO) website atau blog, padahal team dari Google sendiri berkata :

The Webmaster Central team has been telling webmasters for years that they shouldn’t focus so much on PageRank as a metric for representing the success of one’s website.

Tim Webmaster Central telah menginformasikan kepada para webmaster selama bertahun-tahun bahwa “Jangan fokus berlebihan terhadap PageRank sebagai ukuran keberhasilan sebuah website”. (selengkapnya baca di sumber aslinya di sini)

PageRank

Seperti yang sudah saya buktikan diposting sebelumnya bahwa tingginya PageRank tidak menjamin performa SEO lebih baik dibandingkan website atau blog yang mempunyai PageRank lebih rendah.

Lalu apa yang harus kita fokuskan untuk mengukur keberhasilan SEO ? Berikut 3 faktor penting, yaitu :

  1. Conversion rate
  2. Bounce rate
  3. Clickthrough rate (CTR)

Kita jabarkan satu-satu ;

1. Conversion Rate

Adalah nilai rasio atau prosentasi dari pengunjung (visitor) website yang melakukan tindakan yang kita harapkan di website. Misalnya, visitor tersebut melakukan transaksi di web kita, visitor melakukan download, visitor mendaftar menjadi anggota web kita. Semakin besar Conversion Rate, semakin baik.

BACA JUGA :  Cara BING Merebut Pangsa Mesin Pencari (Search Engine)

2. Bounce Rate

Adalah rasio atau presentasi pengunjung / visitor yang hanya berkunjung sesaat (singkat) ke website / blog. Jika angka rasio Bounce Rate nya tinggi berarti, banyak visitor yang langsung pergi sesaat setelah berkunjung ke web kita, ini bisa terjadi karena : website / blog jarang di update atau konten / isi website tidak bermutu.

Bounce Rate

3. Clickthrough Rate (CTR)

Adalah rasio atau prosentase visitor yang meng klik / mengunjungi website kita berdasarkan penayangan url / alamat website, terutama di halaman hasil pencarian Search Engine (SERP). Semakin besar nilai CTR berarti semakin baik.

Clicktrough Rate

Jadi kesimpulannya, PageRank bukanlah ukuran atau patokan keberhasilan optimasi (SEO), so jangan terlalu risaukan PageRank.

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: July 6, 2011 — 8:20 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: