Analisa Kompetitor dalam SEO

Analisa kompetitor dalam SEO (Search Engine Optimization) sangatlah diperlukan agar kita bisa melakukan evaluasi teknik SEO yang telah diterapkan. Atau melakukan hal yang lebih dari yang telah dilakukan kompetitor untuk mengejar ranking terbaik di halaman pencarian (Google).

SEO Kompetitor Analisa

Dalam SEO paling tidak ada 5 hal yang harus kita analisa dari kompetitor :

1. Ranking hasil pencarian Google (SERP) berdasarkan keyword tertentu

2. Backlink, Page Rank dan Alexa

3. URL, Meta Tag, jumlah Keywords

4. Hasil crawling Search Engine (misalnya Googlebot)

5. Kecepatan loading website atau blog

Dari kelima hal di atas, nantinya akan diperoleh kesimpulan bahwa : Tidak selalu suatu website yang memiliki PageRank lebih tinggi, Backlink lebih banyak, Alexa yang lebih sedikit, jumlah Keyword yang lebih banyak, akan mempunyai posisi (rangking) hasil pencarian yang lebih baik.

Tidak percaya ? Tunggu posting berikutnya mengenai pembuktian tersebut.

Updated: June 27, 2011 — 4:28 pm