Notifikasi (Pemberitahuan) Gempa Melalui Email

Notifikasi (Pemberitahuan) Gempa melalui email sangat kita perlukan karena sering terjadinya gempa di Indonesia yang berpotensi tsunami, terutama bagi yang tinggal di tepi pantai. Terutama bagi pemilik Blackberry, notifikasi gempa ini menjadi suatu informasi yang bisa segera didapat karena adanya fasilitas Push Mail.

Sayangnya BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Indonesia, belum mempunyai fasilitas ini. BMKG baru mempunyai layanan informasi pemberitahuan melalui Website, Twitter dan Televisi. Tentu saja ini masih kurang, sebab jika melalui Website dan televisi, belum tentu semua orang mengakses informasi pada saat terjadi gempa. Sedangkan jika melalui Twitter, untuk pemakai Blackberry, notifikasi Twitter bisa berasal tidak hanya dari BMKG saja, tetapi semua user twitter yang diikutinya (follow).

Oleh karena itu dengan bantuan fasilitas notifikasi email gempa otomatis dari USGS (United States Geological Suvey) maka bisa membantu untuk mendapatkan informasi gempa dan tsunami secara cepat.

Contoh notifikasi email gempa adalah seperti berikut :

Email Notifikasi Gempa

Cara mendapatkan email notifikasi gempa dari USGS adalah :

1. Kunjungi : https://sslearthquake.usgs.gov/ens/userhome

2. Klik tombol : Try ENS or Subscribe

3. Akan muncul jendela baru yang meminta memasukkan alamat email dan ketik captcha email yang muncul. kemudian klik tombol : Send sample email

4. Cek inbox email, buka email dari USGS ENS, lalu kik tulisan : click here to sign up

5. Pada jendela Earthquake Notification Service, masukkan email dan buat username dan password. Klik tombol Subscribe

6. Setelah itu, buka kembali alamat yang ada di langkah 1, dan pada sidebar sebelah kanan bagian Manage Your Account, masukkan username (alamat email yang digunakan untuk daftar) dan password. Lalu klik tombol Login.

7. Kemudian lakukan set up region / daerah yang akan dipantau kegempaanya.

Semoga bermanfaat

Updated: April 4, 2011 — 3:01 pm