Blogger Tips : Menghemat Space Server Hosting

image Untuk para blogger yang mempunyai blog yang menggunakan sewa server hosting, dapat melakukan penghematan space hosting dengan cara, menempatkan image/foto blog di server image gratis, misalnya image server hosting milik Google, PICASA. Seperti kita ketahui, image/gambar/foto memiliki ukuran yang cukup besar, mungkin lebih dari 100 KB. Jika seorang blogger mengupdate blog setiap hari, dan mengunakan image pada setiap postingnya. Maka dalam sebulan, image akan menghabiskan space hosting 100KB x 30 = 3000 KB = 3,0 MB. Dan dalam setahun bisa menghabiskan space 12 x 3,0 MB = 36 MB. Jika hosting yang kita sewa hanya 100MB maka space hosting tersebut, akan habis dalam waktu maksimal 3 tahun.

Prosenya cukup sederhana, image/gambar diupload ke PICASA, kemudian link image di copy, dan link tersebut disisipkan (insert) di blog.

Berikut langkah-langkah detailnya :

1. Harus mempunyai account Google (Gmail), jika belum, silahkan mendaftar email Gmail

2. Tentukan gambar dalam hardisk komputer yang akan di upload ke PICASA

3. Login ke PICASA

4. Klik tombol Upload, akan keluar window untuk Create Album. Beri nama Album sesuai keinginan, lalu klik Continue

5. Pada window Upload Photo to, pilih image/foto yang akan di upload dengan cara klik Browse, setelah itu klik Start Upload

Picasa Upload Images

6. Setelah image telah diupload, klik Link to this Photo (ada pada sidebar kanan), klik Select size pilih Medium / Original Size, ceklist Image only (no link)

7. Sorot image link yang ada pada kolom Embed Image, lalu lakukan Copy (CTRL + C)

Picasa Image Link

8. Paste (CTRL + V) image link tersebut ke dalam blog.

Semoga bermanfaat.

Updated: January 10, 2011 — 3:22 pm