Backup Tweet Secara Online

Nge-Tweet atau menulis status di Twitter sudah menjadi kegiatan rutin yang hampir-hampir tak dapat ditinggalkan, terutama bagi para motivator dan inspirator, sehingga Tweets nya sudah ratusan bahkan ribuan.

Alangkah baiknya jika status (Tweet) tersebut diarsipkan atau dibackup sehingga jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan pada layanan Twitter maka kita masih mempunyai dokumentasi atas status-status tersebut.

Dengan bantuan layanan online bernama www.tweetbackup.com maka proses backup atas status Twitter menjadi sangat mudah dilakukan dan bahkan aman, karena kita tidak diminta password account Twitter kita di website tersebut. Proses input username dan password dilakukan di website Twitter secara langsung bukan di website tweetbackup.

TweetBackup

Cara melakukan backup Tweets adalah :

1. Kunjungi www.tweetbackup.com

2. Klik tombol login with Twitter yang ada dibagian kiri bawah

Backup Tweet Twitter online

3. Pada halaman Twitter yang berisi pertanyaan : An application would like to connect to your account, masukkan email dan password Twitter, lalu klik Allow

Backup Tweet Twitter

4. Setelah beberapa saat proses, akan muncul window TweetBackup yang menandakan Tweet kita sudah dibackup. Klik tombol Synchronize, untuk melakukan backup terbaru.

Backup Tweet Twitter

Kita bisa melakukan Export Tweet yang dibackup tersebut ke dalam format CSV, RSS, Text, HTML dengan klik menu Export.

Semoga bermanfaat.

Updated: January 4, 2011 — 9:22 am

3 Comments

  1. Apakah ada rencana mau menerbitkan tweet2 yg lama?

    Kalau belum, usul nih, boleh tuh dicoba, dibuat per kategori misal tentang SEO, Islam, dsb. Apalagi kalau baca tweetnya yg dishare di social media “sebelahnya Twitter” banyak yg bagus (hehe bahasanya diperhalus, ga nyebut nama social medianya itu).

    Saya yg pertama daftar ya, jangan lupa hubungi saya ya kalau sudah keluar/terbit kumpulan tweetnya. (hehe, itu juga kalau usulnya saya dilaksanakan…kan cuma usul)

  2. Mas Budi,

    Kalo menerbitkan tweet kayaknya belum ada rencana. Cuma kalo mau melihat topik per tema tinggal di search menggunakan tanda # di twitter yang bersangkutan. Misalnya #SEO

  3. oh begitu ya… oke deh aku coba, trims 🙂

Comments are closed.