Google Body Browser (Atlas 3D Anatomi Tubuh Manusia)

Google kembali membuat produk baru yang membuat kita berdecak kagum. Produk baru ini bernama Google Body Browser. Sesuai namanya, produk ini merupakan alat untuk mengeksplorasi tubuh manusia secara online. Kita bisa mengeksplorasi seluruh tubuh manusia mulai dari permukaan kulit hingga ke bagian tulang secara detail. Google Body Browser merupakan atlas anatomi tubuh manusia online dalam bentuk 3D yang luar biasa menarik.

Google Body Browser - Atlas 3D Anatomi Tubuh Manusia

Teknologi yang digunakan oleh Google untuk membuat 3D atlas tubuh manusia adalah WebGL (WebGL adalah lembar kanvas elemen HTML yang menyediakan API grafis 3D yang diimplementasikan dalam web browser tanpa menggunakan plug-in).

Karena menggunakan teknologi WebGL, maka internet browser yang digunakan untuk membuka Google Body Browser harus mendukung teknologi HTML 5. Saat ini internet browser yang mendukung HTML 5 antara lain : Mozilla Firefox 4 (beta) dan Google Chrome 9.0.597.19 (beta) atau versi yang lebih baru lagi.

Cara menggunakan Google Body Browser adalah :

1. Pergunakan internet browser yang mendukung HTML 5, misalnya Google Chrome 9.0.597.19 (beta)

2. Arahkan browser ke alamat  http://bodybrowser.googlelabs.com

3. Gerakan slider di sebelah kiri gambar tubuh manusia untuk mengeksplorasi tubuh manusia. Gunakan mouse untuk memutar mutar gambar.

Selamat mencoba.

Updated: December 17, 2010 — 7:01 pm

2 Comments

  1. Inovasi yg luar biasa dari Google. Ada pertanyaan nih mas, di luar konteks Google Body Browser. Di artikel disebutkan menggunakan internet browser terbaru, Firefox dan Chrome versi Beta. Sebetulnya pengertian versi Beta itu apa? Ada yg bilang versi Beta adalah versi terbaru yang butuh pengujian, belum versi final, tapi kok belum versi final sudah dirilis (CMIIW ya…). Seringkali saya ketika ingin mendownload suatu software agak bingung memilih, ada 2 versi, versi terbaru (tapi masih Beta) dgn versi sebelumnya (yg sudah final version/bukan Beta). Ya akhirnya yang didownload yg versi sebelumnya. Terima kasih sebelumnya.

  2. Mas DP Budi,

    Pengertian versi Beta adalah versi dalam tahap pengujian. Betul, semacam dalam taraf pengujian, belum final. Jadi kemungkinan besar masih belum stabil, ada beberapa bug yang cukup signifikan. Tujuan dirilisnya versi beta adalah meminta tanggapan atau respon dari pengguna terhadap bug-bug tersebut, untuk kemudian disempurnakan.

    Memang sebaiknya untuk penggunaan tetap, kita memilih versi yang sudah final saja.

Comments are closed.