Video Meletusnya Gunung Berapi dan Keluarnya Awan Panas

Bencana meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta 26 Oktobr 2010 membuat kita semua prihatin karena telah merenggut banyak korban. Kebanyakan korban meninggal adalah akibat terkena awan panas (atau disebut wedus gembel) yang keluar setelah letusan gunung berapi. Suhu awan panas ini lebih dari 500 derajat celsius sehingga menghanguskan setiap benda yang dilalui.

Untuk mengetahui gambaran peristiwa meletusnya sebuah gunung berapi yang disertai keluarnya awan panas, kita bisa menyaksikan cuplikan sebuah film barat berjudul DANTE’S PEAK berikut ini :

 

Yang bisa kita ambil pelajaran dari film ini adalah, saat tanda-tanda awal letusan gunung (erupsi) muncul, bahkan sudah disertai dengan guguran lava, kemudian sejenak aktivitas vulkanik berhenti, bukan berarti gunung berapi tersebut sudah aman kembali.

Sehingga dihimbau kepada para pengungsi agar tidak kembali dahulu ke rumah masing-masing (yang terletak dalam radius berbahaya 10 km dari puncak gunung). Sebab kemungkinan terjadi ledakan yang lebih besar masih sangat mungkin terjadi.

Mari kita berdoa kepada Allah swt, agar tidak terjadi lagi letusan gunung Merapi ini.

Updated: October 27, 2010 — 6:33 pm