Apa Itu Email Branding

Definisi

Email Branding adalah alamat email yang mengandung unsur atau informasi yang mengarahkan pada kesan, identitas atau citra tertentu.

Agar lebih jelas, perhatikan dua alamat email di bawah ini,

– Email 1 : perusahaan@gmail.com

– Email 2 : nama@perusahaan.co.cc

Email 2 adalah contoh sebuah Email branding, sedangkan email 1 adalah email biasa dari layanan gratis (Gmail). Untuk membedakan antara email biasa dan email branding cukup mudah, akhiran (ekstension, alamat dibelakang tanda @) sebuah email branding merupakan identitas tertentu, sedangkan pada email biasa akhirannya berupa nama layanan jasa email gratis seperti Yahoo, Gmail dan lain-lain.

Email Branding 

Fungsi

Fungsi atau tujuan dibuatnya Email Branding adalah :

1. Lebih Menjual (Profesional)

Terutama untuk kepentingan bisnis dan pencitraan diri, penggunaan Email Branding menjadikan pemilik email mempunyai sesuatu yang lebih ‘menjual atau lebih profesional’ dibandingan jika menggunakan alamat email gratisan. Hal ini bisa dianalogikan, jika Anda menggunakan sebuah jam tangan seharga duapuluh ribuan dibanding dengan menggunakan sebuah jam tangan bermerek yang berharga ratusan ribu, tentu Anda lebih PeDe jika menggunakan jam tangan bermerek tersebut.

2. Meningkatkan Kepercayaan

Penggunaan alamat email dengan akhiran nama sebuah perusahaan atau identitas tertentu, tentu saja akan akan meningkatkan kepercayaan orang (klien atau calon klien) kepada pemilik email tersebut. Calon klien menjadi lebih yakin, karena pemilik email lebih mudah dicari identitasnya karena membawa sebuah nama  perusahaan atau identitas tertentu. Apalagi jika akhiran alamat email tersebut adalah sebuah website perusahaan yang terdapat informasi no telp, faximile dan alamat kantor.

3. Mudah Diingat

Layanan email gratis digunakan oleh hampir semua pemilik email, sehingga banyak alamat email yang mirip. Dengan menggunakan Email Branding, maka alamat email menjadi unik (berbeda dengan yang lain). Mungkin nama awalan emailnya sama, tetapi pasti akhirannya berbeda, sehingga lebih mudah untuk diingat.

Email Branding Mahal ?

Kesan dari Email Branding memang lebih profesional sehingga orang lain akan berpikir alamat email tersebut berbayar. Memang jika akhiran dari sebuah alamat email menggunakan domain atau alamat .com, .net, .org, .info, dsb, adalah betul menggunakan domain berbayar. Tetapi kita juga bisa membuat Email Branding dengan fasilitas gratisan dari layanan domain gratisan. Walaupun gratisan, Email Branding ini mempunyai spesifikasi yang luar biasa menarik, seperti : kapasitas email lebih dari 7GB, mendukung layanan POP3, fasilatas anti SPAM yang hebat dan banyak fasilatas menarik lainnya.

Lalu bagaimana cara membuat Email Branding ini ? Ikuti posting-posting selanjutnya di blog ini

Updated: October 16, 2010 — 7:17 am

2 Comments

  1. wah d aq tnggu lo mas cara buat email branding yg gratisan… 🙂

  2. Mas Ariefien,

    Insya Allah akan saya buat tutorialnya, jadi tunggu saja di blog ini. Blog Anda (http://blog.akmi-baturaja.ac.id/ariefien/) mantab juga. Toreh trus pengetahuan yang kita punya via blog

Comments are closed.