Peluang Bisnis Online

image Ebay.com dan Amazon.com adalah salah 2 dari banyak sekali website yang melakukan penjualan via online. Dengan mendaftar secara gratis, siapapun bisa menjadi anggotanya. Jika sudah menjadi anggota, kta bisa melakukan aktivitas jual dan beli dengan jutaan pengunjung dari seluruh dunia setiap harinya. Ini artinya, peluang untuk mendapatkan keuntungan cukup besar.

Jika kita belum mempunyai barang untuk di jual di Ebay, misalnya, atau karena persaingan antar penjual luar biasa, maka kita masih bisa memanfaatkan Ebay dan Amazon sebagai pusat pembelian barang saja. Karena untuk kepentingan mendapatkan keuntungan, maka pembelian yang kita lakukan bisa kita jual kembali di tanah air kita Indonesia.

Berdasarkan pengalaman membeli secara online di kedua situs besar tersebut, harga barang yang dijual lebih murah dibadingkan dengan yang dijual secara online atau dijual secara offline oleh pedagang-pedagang di Indonesia. Tentu saja selisih harga ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi masih banyak barang-barang import yang belum tersedia secara bebas di pasaran Indonesia. Saya pernah mencari buku (cetak) tentang tutorial Ebay yang lengkap, ternyata di toko-toko buku di Jakarta belum ada. Dan akhirnya saya bisa membelinya melalui Amazon.com

Memang ada salah satu kelemahan yang mungkin tidak diinginkan oleh banyak orang jika membeli barang dari luar negeri melalui online, yaitu dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menanti barang tersebut sampai di Indonesia, yaitu sekitar 2 – 3 minggu. Tapi jika barang tersebut bukan keperluan mendadak atau buru-buru, saya kira masih realisistis untuk tetap dibeli mengingat selisih harganya yang cukup signifikan.

Jadi silahkan melihat-lihat barang di etalase Amazon.com dan Ebay.com, kemudian bandingan dengan barang-barang yang dijual dalam negeri.

Semoga bermanfaat.

Updated: August 23, 2010 — 11:42 am