Ukur Kekuatan Password Secara Online

Maraknya pencurian password (pengambil alihan username dan password) oleh selain pemilik yang sah, menjadikan kita harus lebih berhati-hati dalam membuat dan menjaga kerahasiaan password kita. Salah satu teknik yang digunakan oleh para pencuri password adalah menggunakan teknik Brute Force Attack atau Teknik Coba-coba. Dengan menggunakan bantuan software. Dengan software ini, pencuri password bisa mencoba berbagai kemungkinan kombinasi karakter-karakter yang ada sampai ditemukan kecocokan dengan password yang menjadi targetnya.

Semakin panjang jumlah digit dan semakin banyak kombinasi karakter sebuah password maka akan semakin lama sebuah password dijebol menggunakan teknik Brute Force Attack. Berikut adalah tabel lamanya waktu yang digunakan untuk menjebol sebuah password menggunakan teknik coba-coba dengan sebuah komputer dan kecepatan teknik Brute Force Attack nya 500.000 password per detik.

image(sumber : http://lastbit.com/rm_bruteforce.asp)

Mengingat kemampuan komputer untuk melakukan proses yang kompleks semakin tinggi, maka sangat disarankan untuk membuat password dengan minimal persyaratan :

  • Jumlah minimal digit (karakter) adalah 8 digit
  • Merupakan kombinasi antara huruf dan angka

Dengan bantuan sebuah website (online) kita bisa melakukan pengukuran kekuatan sebuah password. Silahkan kunjungi www.passwordmeter.com untuk mengukur kekuatan password Anda.

BACA JUGA :  Proxy Untuk Anonymous Browsing

image

Passwordmeter.com ini memberikan informasi mengenai Score (nilai), Complexcity (kompleksitas) dan keterangan rincian lain (seperti jumlah digit, jenis karakter apa saja yang digunakan, dll)

Semakin tinggi Score dan Complexcity sebuah password, maka akan semakin sulit dijebol atau dipecahkan menggunakan Teknik Brute Force Attack.

Perlu diketahui, teknik untuk menjebol atau mendapatkan password tidak hanya menggunakan teknik coba-coba saja, tetapi bisa juga bisa mengunakan teknik Spy atau memata-matai menggunakan virus Trojan dan Keylogger, sehingga semua aktivitas pada keyboard bisa terekam, termasuk saat mengetik username dan password.

Jadi tetaplah berhati-hati saat dalam browsing yang melibatkan pengetikan username dan password terutama yang dilakukan di tempat umum seperti Warnet dan Public Hotspot.

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: August 15, 2010 — 10:23 am

1 Comment

  1. Salam kenal..
    Saya yakin artikel ini sangat bermanfaat…, dan untuk menyebarluaskan manfaatnya saya minta ijin untuk mengcopynya di blog saya…
    Tims, Jzkmllh

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: