Salah Satu Penyebab Stress : Cemas Berlebihan

Pernah mengalami stress ? Terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup ? Mungkin jawaban sebagian pembaca adalah “pernah”. Apalagi jika kita sudah memiliki anak dan istri, kemudian tinggal di kota besar yang biaya hidupnya tinggi.

Apakah kita pernah berpikir :

  • Penghasilan saya hanya sekian, tetapi biaya hidup semakin tinggi, harga-harga kebutuhan pokok selalu naik, biaya sekolah anak semakin tinggi, harga rumah juga makin tak terjangkau.
  • Bagaimana nanti dengan masa depan anak-anak saya ? Bagaimana dengan pendidikan mereka nantinya ?
  • Apalagi jika saya, sebagai Bapak, misalnya, harus dipanggil Allah lebih dahulu dari istri dan anak-anak saya ? Mereka mau makan apa ?

Dan mungkin masih banyak pikiran-pikiran lain yang membuat kita cemas. Apakah wajar munculnya kecemasan-kecemasan tersebut ? Wajar, jika kecemasan itu melintas sesaat saja di kepala kita. Tetapi menjadi tidak wajar, bahkan menjadi mengganggu jika kecemasan tersebut menjadi hal yang selalu ada pada diri kita, sehingga kepala kita terasa berat, stress, merasa menanggung beban yang sangat berat.

Lalu mengapa kita menjadi sedemikian cemas atau khawatir atas masalah-masalah yang belum kita alami, masalah-masalah yang baru kita duga akan terjadi di masa depan ? Kita bukan Tuhan yang Maha Tahu atas segala yang akan terjadi, mengapa kita sering menduga-duga keburukan atau kesusahan akan menimpa diri kita ?

Kecemasan berlebihan menjadi salah satu penyebab stress karena kecemasan tersebut selalu berada dalam pikiran keseharian. Semua hal dilihatnya menjadi masalah, melihat anak dan istrinya bukannya menjadikan dirinya senang dan bahagia, tetapi menjadi beban yang harus ditanggungnya. Melihat tetangganya yang sedang bercanda dengan keluarganya juga semakin membuat dirinya stress, mengapa saya tidak bisa sebahagia mereka, mengapa saya tidak bisa seperti mereka ?

Bayangan-bayangan masa depan yang menyusahkan selalu ada dipikirannya. Padahal belum tentu semua kesusahan dan keburukan itu terjadi. Ingat pembaca sekalian, Allah itu Tuhan Yang Maha Pengasih, siapapun diberinya rejeki meskipun kepada manusia yang tidak menyembah Dia sekalipun. Perhatikan orang-orang Atheis, mereka juga masih bisa hidup dan makan di bumi Allah ini. Lalu, mengapa kita merasa cemas dan stress, seolah-olah Allah tidak lagi memperhatikan makhluknya yang masih mau menyembah-Nya ?

Perlu diingat juga pembaca sekalian, apa yang akan kita sedang alami dan akan dialami sangat dipengaruhi oleh isi pikiran otak kita. Allah itu sesuai prasangka hamba-Nya. Jika kita selalu berpikir keburukan maka keburukanlah yang akan kita alami.

Masa depan itu bukan untuk dicemaskan bukan untuk dikhawatirkan, tetapi untuk direncanakan. Karena Allah lah yang menentukan semua yang akan terjadi. Tugas manusia itu untuk berusaha seoptimal mungkin dan berdoa, hasil adalah hak prerogatif Allah.

Metode agar kita tidak stress karena cemas berlebihan adalah :

  • Bersyukur atas apa yang ada sekarang

Masih banyak manusia lain yang keadaanya lebih susah dan menderita dari kita. Coba perhatikan saudara-saudara kita di belahan bumi lain yang menderita kelaparan karena perang. Agar kita mudah bersyukur, cobalah mampir ke rumah sakit dan jenguklah salah satu pasien yang sakit terutama yang di UGD (Unit Gawat Darurat). Kemudian, cobalah melihat video atau foto-foto nasib saudara-saudara kita yang kelaparan dibelahan bumi lain

  • Optimalkan Potensi diri

Setiap manusia dilahirkan memiliki kemampuan yang luar biasa. Tetapi seringkali manusia belum bisa menggunakan kemampuan itu dengan optimal karena rasa malas. Malas untuk belajar, malas untuk membaca, malas untuk berguru pada orang lain, malas untuk berlatih. Padahal, orang-orang yang cacat sekalipun masih memiliki samangat untuk mengahdapi hidup ini, bahkan banyak orang cacat yang tetap bisa berprestasi. Misalnya, Stephen Hawking, seorang ahli Fisika yang cacat seluruh tubuhnya. Gali terus potensi diri, kembangkan bakat yang kita miliki, latih kemampuan diri setiap hari, maka Anda akan menjadi seorang ahli.

 
  • Bergabung ke dalam lingkungan penuh motivasi

Lingkungan sangat berperan untuk mengubah pola pikir yang salah, penuh kecemasan dan kekhawatiran, menjadi pola pikir yang selalu semangat, termotivasi untuk menghadapi masa depan. Mengkuti seminar motivasi, bergabung dalam forum wirausaha dan tinggalkan perkumpulan orang-orang yang mudah berputus asa.

Jangan cemaskan masa depan, karena kita tidak pernah tahu pasti seperti apa masa depan itu.

Updated: April 10, 2010 — 9:16 am

4 Comments

  1. Ass wr wb.sy sng bgt bs menemukn blog ini.krn saat ini sy sdng dlm problem cemas berlebihan.persis spt yg anda tulis.sy ketakutan dg ms dpn.tiap liat orng laen ngobrol dg sntai sy jd iri bgt.krn slm 2th ini sy dh khilangan rasa sng,bhagia,smngt hdp,sdh tdk trtarik dg smua hal,kehilangan hobi,bhkn ank mlh jdi beban.br liat tas sklh ank sy sj sdh trs spt beban brt.smua brmula dr kecemasan sy yg brlebihan ttg kematian sy,ank sy dn suami.ktk sy sdng mengalami anxiety disorder,suami sy pergi brlyar.itu membuat stress sy mkin menjadi.sy mrs mkin cemas dg hal2 yg sy ciptakn sndiri.gmn kl sy mati pas suami msh brlyr?gmn kl kpl suami sy tnggelam,gmn kl pas pulang pesawt yg ditumpangi suami sy jatuh,dn sejuta pertnyaan muskhil lain.smua itu membawa sy pd keadaan sy skrng.sy dh kehilangan sglnya.bhkn skdr ngobrol dg orng laen sj hti sy sll gelisah,jd g bth du2k dn ngobrol lama2,sdh tdk bs menikmati sgl mcm hiburan.nntn tv pun sy sdh g bs.pkknya sgl hal yg sftnya sng2 sy dh g bs menikmati.tiap ada orng yg ngomongin soal krja brlyar sy jd sesak nfs.pdhl sy hdp dilingkungan wanita2 yg suaminya berlyar.kbetulan sodara2 laki2 suami sy smua brlyr trmsk suami sy.krn sy ngrasa g bs ditnggl brlyr,sy jd iri bgt liat istri2 ka2k ipar sy bs dg sntainya menjalani hri2 mrk mski tnpa suami.skrng suami sy menganggur dirmh,pikiran sy jd tmbh tdk karuan.sy merasa ms dpn sy akn buruk krn suami g krja.tp jika ingat kondisi sy ktk ditnggl suami,sy jd trauma.sy jd srba slh.skrng tiap hri hti sy mendorong sy unt bunuh diri sj.mlh kadang unt membunuh anak sy.tiap hri sy hrs berjuang melawan smua itu.kl dorongan itu muncul dg kuat,sy lngsng ambil air wudhu kmudian sholt,dzikir dn bc alqur’an.sy sdh lelah dg smua ini sy sdng berlari skencang2nya,sy sdh kelelahan,tp sy tdk tau cranya unt berhenti.sy dh 1th ke psikiater tp g da perubhan.sy smpe g enk sm psikiaternya krn tiap kali ditnya ada perubhn mbk?sy sll menjawab belum pak.akhirnya 3bln yg lalu sy ptskn unt brenti brobt.apa yg hrs sy lakukan?wassalam wr.wb

  2. Mbak Sani Hidayat,

    Saya coba membantu semampu saya atas masalah mbak :
    Sebagai seorang muslim, kita masih mempunyai Allah yang Maha Penyayang. Kunci untuk mencari ketenangan adalah dengan membangun hubungan yang dekat dengan-Nya. Selain sholat wajib 5 waktu, coba Mbak Sani lakukan sholat malam setiap hari pada waktu 1 jam sebelum sholat subuh, lakukanlah dengan kontinyu. Kalo belum bisa setiap hari lakukan minimal 3 kali seminggu.
    Berdoalah dan curahkan semua masalah yang Mbak Sani hadapi sekarang ini saat sujud terakhir dari setiap 2 rokaat sholat tahajud yang dilakukan. Insya Allah cara tersebut bisa menenangkan Mbak Sani.
    Semoga bermanfaat.

  3. Assalamu’alaiku.admin,thanks buat advicenya.alhamdulillah sjk sy ky gni,sy sll melaksanakan shlt tahajud.bhkn kemanapun sy pergi,sy sll membawa alqur’an dn tasbih.jd,tiap ada dorongan bnh diri,sy sll mengalihkn dg membca alqur’an ato berdzikir.mngkn Allah msh ingin menguji keimanan sy.yg membuat sy srng merasa pts asa,adl krn sy tdk bs lg merasa sng dn sy sdh tdk bs menikmati apapun jg.sy merasa sdh kehilangan diri sy yg dl.sy ingat skali gmn rasanya hdp nrml dg ceria,bhagia dn tnpa ada beban sm skali.sy ingin meraihnya,tp sy sll ga2l.smua trasa mustahil.skrng sy tkt tdr dikmr,suami sy kluar bntar sj sy jd kebingungan.dlm pikiran sy sll muncul ktakutan gmn kl tb2 Allah memanggil suami ato ank sy.krn br ditnggl bekerja sj sy sdh depresi.sy tkt bnr2 bnh diri ato menjadi gila.sy tkt bgt itu trjdi.dada dn kpala sy penuh dg ktakutan2 yg blm tentu trjdi pd sy.tp sy sulit menghilangkn smua itu dri da2 ato kpala sy.apa sy perlu kembali ke psikiater?wassalam.wr.wb

  4. Mba Sani..
    Menurut saya konsultasi boleh di lakukan, tapi jangan hanya ke Psikiater. Bisa coba konsultasi ke para Ulama yang sudah terbiasa memberikan masukkan agama dengan baik, seperti di Era Muslim. Dengan curhat ke Ulama yang berpengalaman semoga dapat membawa kebaikan untuk masalah yang mba hadapi. Bagaimanapun usaha lahiriah tetap harus kita lakukan.
    Kecemasan yang mba alami sebenarnya adalah bentuk kasih sayang terhadap suami dan anak mba, hanya saja porsi nya berlebihan. Untuk bisa menyeimbangkannya kita perlu selalu bergantung pada Allah sebagai makhlukNya yang lemah, agar kita bisa lebih tenang lagi menghadapi setiap permasalahan yang ada.

Comments are closed.