Jangan Asal Merubah Permalink Blog

Jika Anda memiliki blog yang telah berisi banyak posting dan telah terindeks dengan baik oleh paman Google, jangan sekali-kali merubah-rubah permalink url blog. Misalnya dengan alasan penerapan teknik SEO, merubah permalink dari yang semula http://www.url.com/tahun/bulan/judulposting.html  menjadi http://www.url.com/judulposting.html, akibatnya cukup fatal, seperti yang dialamai oleh blog ini :

  • Hilangnya link / url iklan dari layanan Text-link-ads

Akibatnya dari 4 link yang terjual di blog ini hanya tinggal 2 link yang bertahan, sehingga pendapatan dolar dari Text-link-ads turun 30%. Saya mendapatkan 5 email peringatan dari Text-link-ads karena perubahan permalink itu, untunglah tidak semua link yang telah dibeli dibatalkan semua.

  • Sangat berpengaruh kepada SEO

Ini yang paling fatal menurut saya, sebab, blog ini, seolah-olah menjadi blog yang baru di crawler oleh mesin Google sehingga sampai saat ini belum semua posting terindex oleh Google, terutama posting-posting yang baru. Perhatikan Crawler Access Google terhadap Sitemaps blog ini :

Dari seluruh jumlah url posting (289 url), sampai saat ini, baru sekitar 92 url yang terindeks. Padahal sebelum saya melakukan perubahan pada permalink blog ini, begitu saya melakukan posting baru, dalam beberapa saat saja sudah langsung terindeks oleh Google.

Akibat fatal yang kedua terhadap SEO blog ini adalah, munculnya Crawl error berupa Not Found, url posting yang telah di ubah permalink nya dianggap telah hilang atau tidak ada.

Dan dua hal faktor SEO di atas ini telah mengakibatkan penurunan jumlah pengunjung yang cukup signifikan yaitu turun sebesar 35%

Jadi pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman ini adalah, jika blog Anda sudahterindeks denga baik oleh Google, maka jangan mudah untuk merubah-rubah permalink blog agar peringkat SERP blog Anda tetap bisa dipertahankan dengan baik.

Updated: April 10, 2010 — 6:28 pm

5 Comments

  1. Wawwww….
    Sangat pengerikan permalink yg diubah yaa..

  2. Saya dirumah baru,
    silahkan kunjungi mas,
    oh yah mas Link Exchange mas, Blog sampean dah saya link, link balik yaa..

  3. kalau saya malah saya ubah dari awal berdirinya blog agar mudah terindeks. kalau dirubahnya di tengah2 blog sudah berdiri emang ada beberapa yang eror nantinya.

  4. klo sudah dirubah jdnya entar gimana mas? apakah nanti google akan mengindexnya biarpun perlu beberapa waktu?

Comments are closed.