Pantau Google SERP Menggunakan Google Webmaster Tools

Google SERP (Search Engine Result Page) adalah daftar atau list hasil pencarian Google Search Engine atas keyword atau kata kunci yang digunakan untuk melakukan pencarian. Perhatikan contoh di bawah hasil pencarian pada www.google.co.id dengan menggunakan keyword / kata kunci : fungsi woven geotextile

Google SERP 

Google Search Engine Result Page (SERP) menjadi salah alat pantau atau evaluasi yang sangat penting dalam penerapan teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization). Lalu mengapa harus menggunakan Google ? Karena Google adalah Search Engine yang paling banyak dipakai oleh pengguna internet seluruh dunia.

Search Engine Market Share

Mengingat begitu penting evaluasi Google SERP dalam SEO, maka Google memberikan perangkat gratis untuk memantau Google SERP. Perangkat ini bernama Google Webmaster Tools. Sebenarnya banyak sekali fungsi dari Google Webmaster Tools ini bagi penerapan SEO, tapi pembahasan kali ini hanya membicarakan mengenai penggunaannya untuk memantau Google SERP. Perhatikan screenshot berikut :

Google Web Master Tools

Kolom Impressions : Your site appeared in these searches, memberikan informasi mengenai rangking atau posisi Google SERP terhadap kata kunci / keyword yang digunakan untuk melakukan pencarian.

BACA JUGA :  Tampilan Baru Google Webmaster Tools bagian TOP SEARCH QUERIES

Sedangkan kolom Clickthrough : User clicked on your site in these searches, memberikan informasi mengenai jumlah klik (dalam prosentase) pengguna Google terhadap hasil pencarian yang telah dilakukan. Artinya, tidak semua hasil pencarian yang diarahkan ke website atau blog kita bisa mendatangkan pengunjung.

Untuk melengkapi data Google SERP dalam memantau pengunjung yang disumbangkan oleh hasil pencarian menggunakan Google dari kata kunci / keyword tertentu sebaiknya juga digunakan Google Analytics.

Google Analytics

Untuk cara menggunakan Google Webmaster Tools dan Google Analytics, tunggu posting-posting berikutnya di blog ini

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: March 27, 2010 — 8:41 am

3 Comments

  1. Terkadang Jumlah index di webmaster tool dan di google secara langsung kok berbeda ya mas?

     
  2. Mas RSeptian,

    Kemungkinan memang bisa berbeda. Penyebabnya antara lain :
    1. Google yang dipakai mungkin berbeda, .com atau .co.id
    2. Waktu peng index kan yang tidak sama

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: