Dibalik Perang SEO (Search Engine Optimization)

Perang SEO Perang SEO ? Apa maksudnya ? SEO adalah Search Engine Optimization, adalah sebuah metode untuk membuat suatu website atau blog terindeks oleh Search Engine (contohnya GOOGLE dan YAHOO) dan mencul dihalaman pertama pencarian (SERP – Search Engine Result Page).

Lalu mengapa bisa terjadi perang SEO ? Sebab sekarang semakin banyak pihak yang sadar bahwa SEO sangat penting untuk mempromosikan dan menjual suatu produk melalui internet. Ini adalah era globalisasi, dimana internet telah menjadi bagian dari kebutuhan manusia yang tidak bisa ditinggalkan. Dengan menggunakan internet, kita tidak dibatasi lagi oleh batas geografis yang sempit dan waktu yang lama untuk membangun komunikasi (bisnis).

Kalau dahulu kita mencari suatu informasi/produk masih menggunakan buku Yellow Pages, dan iklan baris surat kabar, maka sekarang cara-cara manual dan tradisional tersebut sudah mulai ditinggalkan, orang cukup menggunakan GOOGLE, dan dalam hitungan detik kita bisa mendapatkan informasi/produk apapun yang kita inginkan.

Ingat ! Beberapa tahun ke depan, di Indonesia, internet mungkin sudah gratis atau sangat murah. Dan orang akan belajar dengan sangat cepat menggunakan internet, termasuk belajar menggunakan Search Engine untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Sehingga para pemilik produk, industri, jasa, bisnis dll akan memanfaatkan internet untuk menyebarkan informasi dan mempromosikan produknya. Nah, berapa banyak pihak yang memiliki produk yang sejenis ? Jika Satu produk yang sejenis dimiliki oleh banyak pihak, dan banyak pihak tersebut berlomba-lomba agar produknya terindeks dihalaman pertama Search Engine, maka terjadilah perang SEO.

Beberapa pesan apa yang bisa kita dapatkan dibalik perang SEO yang akan atau sedang terjadi tersebut adalah :

  • Segera sadar ! Untuk apa sebuah website (yang sangat baik dari sisi penampilan) tetapi sangat buruk sisi SEO nya.
  • Segeralah mulai belajar atau mengenal SEO.
  • Peluang untuk bisnis jasa SEO semakin terbuka luas.
  • Diperlukan semakin banyak Web Master yang menguasai SEO.
  • Persaingan yang sangat ketat dalam bidang SEO, menjadikan semangat untuk belajar SEO semakin tinggi. Akan lahir banyak ahli SEO dalam waktu singkat.

Dari pesan-pesan tersebut seharusnya mulai sekarang bisa mengambil peluang untuk memanfaatkan perang SEO tersebut untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

MAKE SEO AS PART OF YOUR LIFE OR THEY WILL BURY YOU IN THE DEEPEST PLACE

Updated: February 12, 2010 — 3:55 pm