Thunderbird, Fitur Profile dan Password Profile

Thunderbird adalah salah satu software Email Client yang bersifat Open Source pesaing Ms Outlook Express (OE). Kelebihan Thunderbird adalah keberadaan versi Thunderbird Portable (bisa digunakan tanpa instalasi) sehingga penggunaanya sangat fleksibel karena bisa dimasukan kedalam USB FlashDisk. Sedangkan Outlook Express (OE) tidak mempunyai versi portabel.

Thunderbird

Yang sering dipertanyakan terhadap Thunderbird adalah tidak adanya fitur Profile dan Password Profile seperti pada Outlook Express (OE). Kedua fitur tersebut sangat dibutuhkan terutama pada pemakai yang konsen pada masalah keamanan dan privacy. Sebab jika software Email Client bisa diakses oleh sembarang orang maka email-email dan data-data yang berhubungan bisa diakses dan dibaca oleh orang yang tidak berhak. Perhatikan kedua fitur tersebut pada OE ini :

Outlook Express Switch Indentities

Dengan membuat profile ditambah dengan password maka saat pertama kami OE dibuka maka tidak berisi apa-apa selain halaman standar seperti software baru diinstal. Dengan penambahan profile maka email, daftar alamat dan data lain tersimpan dengan baik dan aman.

Pada Thunderbird standa, fitur profile dan password profile secara default tidak terpasang. Tetapi bukan berarti Thunderbird tidak bisa ditambahi kedua fitur tersebut. Dengan menambahi AddOns bernama ProfileSwitcher dan ProfilePassword maka Thunderbird akan mempunyai kemampuan yang sama dengan OE dalam hal pengamanan data email. Perhatikan kedua fitur tersebut yang telah dipasang pada Thunderbird :

BACA JUGA :  Kalkulator Penghitung Hutang

Thunderbird User Profile  Thunderbird Profile Password

Untuk penggunaan instan silahkan download Thunderbird Portabel versi 3.0 yang telah ditambahi fitur Profile dan Password profile di sini

Anda tinggal mengganti / rename Profile User1 dengan nama Anda sendiri dan memberinya password.

Untuk memasang sendiri AddOns ProfileSwitcher dan ProfilePassword pada Thunderbird, silahkan ikuti posting selanjutnya.

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: February 8, 2010 — 9:03 am

1 Comment

  1. Mas Adit,

    Kelebihan Thunderbird lain :
    – Ada versi portable nya, sehingga tdk perlu di instal
    – Terdapat banyak Addons atau extension yang bisa ditambahkan
    – Merupakan software gratis (Open Source)
    – Ada dukungan komunitas Open source

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: