BERBAHAYA, Email Spam Bervirus Mengatasnamakan UPS

Pagi ini saya mendapatkan email ‘menarik’ seperti ini :

Email SPAM

‘Menarik’ karena saya sedang menunggu buku yang saya beli dari Amazon.com. Email tersebut meng-atas-namakan dari United Parcel Service of America (UPS), salah satu perusahaan kurir international dan berjudul nomor tracking UPS. Eiit, jangan buru-buru percaya dengan email asing, kita lihat properties email ini-klik kanan pada judul email (saya menggunakan email client Outlook Express) :

Email Spam Properties

Perhatikan yang saya tebalkan dengan warna biru. Tampak sangat meyakinkan kalau email ini dikirim oleh support@ups.com. Tapi tunggu dulu untuk lebih meyakinkan, kita klik menu Details Outlook Express.

Email Spam Details

Lihat pada bagian Return-path : colombusu@everymove.com. Inilah pengirim email yang sebenarnya, bukan support@ups.com. Nah, berarti email ini jelas email sampah / SPAM. Dan lebih berbahayanya email ini ada attachment dalam bentuk zip seperti ini :

Email Spam attachment

Email spam ini memerintahkan saya untuk melakukan print terhadap label tracking number yang ada di attacment berjudul UPS_invoice_NR76234.zip, yang isinya ternyata sebuah file bertipe exe. Aneh sekali, dokumen yang harus di print kok berbentuk aplikasi ? Jadi kesimpulannya attachment exe ini adalah virus berbahaya. Jadi jangan coba-coba menjalankan file exe tersebut.

Pesan dari posting blog kali ini : Jangan mudah percaya dengan email asing, apalagi berisi attachment ! Karena salah satu modus operandi penyebaran virus adalah melalui email SPAM.

Updated: January 15, 2010 — 8:41 am

6 Comments

  1. bermanfaat banget mas…
    tapi kalo aku pakai, IE detailnya Beda…
    tapi tetep bisa di pelajari…tks infonya

  2. Thanks banget informasinya gan….
    Saya juga mendapatkan email yang sama dan attach yang sama juga…. tapi untung ada artikel ini…. Ha…3x

  3. Wah, thx banget infonya. Jadi bisa sedia payung sebelum hujan. 🙂

  4. Inpo yang sangat bermanfaat,, makasih dah di share mas..

  5. wah, aye sering dapet tuh dari UPS, tapi ketauan banget kalo email boong, abis yg ade di kolom To diimelnye bukan nama aye, malah nama orang laen yg aye kagak kenal. Ade lagi nama aye ada di kolom To, tapinye isinya serombongan dah sama nama orang laen. Lah kalo beneran dari UPS kan harusnye di kolom To diimelnya cuma nama aye sendiri doang, ga pake nama orang laen. Eh, kagak ngaruh juga ye, ntu yg di atas jg pake nama sendiri ternyata virus juga ye…

    Oiyee, gimane caranye supaye kaga ade lagi ntu email UPS. ape harus ganti password atawa harus install spyware dulu. Makasih ye bang 🙂

  6. Bang Alie,

    Aktifkan saja anti spam nya Bang

Comments are closed.