Cara Menghemat Sumber Daya Pada NETBOOK

NetbookSaat ini Netbook sudah marak digunakan dikalangan umum. Sebab selain karena harganya yang murah (berkisar antara Rp 3juta s/d Rp4.5jt), Netbook juga ringan untuk dibawa karena bentuknya kecil (sekitar 10 inch) dan tipis. Waktu re-charge batterainya juga lebih lama dibanding dengan Notebook (Batterai Netbook bisa bertahan 6-8 jam, sedangkan batterai Notebook hanya bertahan maksimal 4 jam), ini disebabkan karena Netbook menggunakan prosesor rendah daya seperti Intel Atom yang hanya memakan daya 2.5 watt.

Penggunaan prosesor Intel Atom pada Netbook menjadikan kinerjanya jauh lebih rendah dibandingkan dengan PC atau Notebook. Penggunaan software-software seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Autocad, atau software-software lain membutuhkan sumber daya prosesor yang tinggi, tidak direkomendasikan untuk di instal atau dipasang pada Netbook.

Jika kita nekad untuk memasang software-software tersebut maka Netbook kita akan bekerja lelet atau lambat. Lalu bagaiman caranya agar kita bisa melakukan penghematan sumber daya pada Netbook agar tetap bisa bekerja optimal (cepat) :

1.  Jangan terlalu banyak melakukan instalasi software atau game

Instalasi software atu game akan memaksa operating system bekerja lebih keras untuk membaca keberadaanya terutama saat komputer pertama dihidupkan. Apalagi jika ada banyak software yang secara otomatis bekerja pada background proses. (cek proses yang berjalan dengan menekan CTRL+ALT+DEL)

2.  Gunakan Anti Virus yang ringan

Ciri yang mudah dikenali untuk antivirus yang ringan adalah ukuran file master instalasinya kecil (maksimal sekitar 30 MB), misalnya gunakan Anti virus Avast Home edition.

3. Gunakan Software Portabel

Jika ternyata kita membutuhkan program-program pengolah grafis, animasi, dll gunakanlah software portabel, artinya software tersebut bisa dioperasikan tanpa melakukan instalasi, jadi tinggal copy paste ke dalam hardisk Netbook.

Untuk mencari Software Portabel yang gratis, silahkan kunjungi www.portableapps.com

Semoga bermanfaat.

Updated: January 7, 2010 — 4:00 pm